Meski Bertabur Cahaya pada Malam Hari, "Tour Incity" Hemat Energi

Kompas.com - 12/01/2016, 11:00 WIB
Kehadiran Tour Incity yang pembangunannya selesai Desember 2015 silam sekaligus menjadikannya sebagai gedung tertinggi di Lyon. Kehadiran Tour Incity yang pembangunannya selesai Desember 2015 silam sekaligus menjadikannya sebagai gedung tertinggi di Lyon.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Mendominasi selama lebih dari 30 tahun dengan ketinggian 165 meter, gedung Tour de Credit Lyonnais di Lyon, Perancis memiliki pesaing baru. Gedung baru itu adalah Tour Incity yang didesain dengan ketinggian 200 meter.

Kehadiran Tour Incity yang pembangunannya selesai Desember 2015 silam sekaligus menjadikannya sebagai gedung tertinggi di Lyon.

Tour Incity terletak di Part-Dieu, sebuah distrik bisnis terbesar Perancis di luar ibu kota Paris. Lokasi tersebut menjadi tempat lebih dari 50.000 pekerja dari total 2,2 juta penduduk Lyon.

Akibat banyaknya permintaan ruang kerja berkelas A, distrik Part-Dieu perlahan dipenuhi gedung-gedung perkantoran menjulang.

Part-Dieu direncanakan akan menjadi "pusat kota kedua" dan secara bertahap mengubah cakrawala kota.

Dirancang oleh Valode & Pistre Architects, Tour Incity juga menjadi menara pusat kota hemat energi pertama yang dibangun di negeri mode ini.

Dilengkapi "cangkang" ganda berupa eksterior reflektif terpisah yang menutupi interior berfasad kaca di bagian timur, barat, dan selatan.

Untuk melindungi menara dari suhu ekstrim, terdapat sebuah saluran udara di antara dua lapisan panel kaca yang terus bersirkulasi.

Selain itu, gedung Tour Incity juga memiliki sistem brise-soleil guna mengendalikan panas matahari dan jumlah cahaya masuk ke 2.700 ruang kerja.

Lebih dari 90 persen ruang kerja tersebut mendapat keuntungan dari sinar matahari langsung dan mengurangi kebutuhan cahaya buatan.

Kaca transparan yang digunakan untuk membungkus gedung juga memungkinkan karyawan menjangkau pemandangan seluruh kota Lyon.

Beberapa penyewa diperkirakan akan menggunakan gedung Tour Incity pada Januari ini. Perusahaan Kereta Api Nasional Perancis menyewa 18 dari total 39 lantai dan bank cabang lokal menempati sisanya dengan membawa 700 karyawannya ke dalam Tour Incity.

Eksterior Tour Incity dilengkapi lampu LED sehingga membuatnya nampak menonjol di pusat kota ketika malam hari sambil membatasi penggunaan energi.

Beberapa pola, palet warna, dan intensitas cahaya digunakan untuk meminimalisasi polusi cahaya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CTBUH
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X