Kompas.com - 11/01/2016, 11:14 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - China resmi memiliki gedung tertinggi nomor dua di dunia setelah Shanghai Tower selesai dibangun pada akhir 2015 kemarin.

The Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) memasukkan Shanghai Tower sebagai gedung berkategori megatall karena tingginya yang melebihi 600 meter, yakni 632 meter.

Pentahbisan ini membuat Willis Tower di Chicago yang menjulang 442 meter dan sempat menjadi bangunan paling jangkung, keluar dari daftar 10 besar pencakar langit dunia untuk pertama kalinya sejak rampung konstruksinya pada 1974.

Willis Tower yang memiliki nama asli Sears Tower berada dalam daftar gedung tertinggi di dunia selama 41 tahun. Selama itu pula, posisinya terus diusik oleh pembangunan bermacam gedung pencakar langit lainnya di Asia dan Timur Tengah.

Mengingat pesatnya perkembangan pusat-pusat kota di wilayah Asia dan Timur Tengah serta ketinggian baru yang mulai direalisasikan lewat pembangunan gedung-gedung kontemporer membuat CTBUH memprediksi Willis Tower juga akan keluar dari daftar 20 besar gedung tertinggi di dunia dalam kurun waktu kurang dari lima tahun.

Sebagai gedung ketiga dari trio pencakar langit di pusat Shanghai Lujiazui Finance dan Trade Zone, Shanghai Tower memiliki standar sebagai purwarupa baru untuk pencakar langit.

Shanghai Tower yang berlokasi di dekat Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center merupakan menara dengan fasad melengkung berbentuk spiral sebagai lambang dinamisme modern China.

Bentuk memutarnya membuat tampilan Shanghai Tower sangat unik dan lorong angin di dalamnya telah teruji mampu menghemat beban angin hingga 24 persen bila dibandingkan dengan bangunan persegi panjang lainnya dari ketinggian yang sama.

Sementara Jakarta, masih berkutat membangun gedung-gedung berkategori supertall dan ketinggian di bawahnya. (Baca: Jakarta Semakin Menjulang)

Berikut grafis supertall dan pencakar langit setinggi di atas 200 meter yang sedang dibangun di Jakarta:


Stephanie Tanata dan Lilyana Tjoeng/Kompas.com Jakarta Semakin Menjulang
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.