Karya Arsitektur yang Mengguncang Dunia Tahun 2016 (I)

Kompas.com - 08/01/2016, 22:00 WIB
Di tingkat atas menara, sebuah hotel mewah akan menempati lantai 80-109, sedangkan lantai sisanya diperuntukkan untuk kepentingan umum yang menampilkan sebuah dek dan atap kafe.
www.designboom.comDi tingkat atas menara, sebuah hotel mewah akan menempati lantai 80-109, sedangkan lantai sisanya diperuntukkan untuk kepentingan umum yang menampilkan sebuah dek dan atap kafe.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Hingga akhir tahun 2020, diperkirakan setengah dari 20 bangunan tertinggi di dunia akan berada di China yang dipicu meningkatnya proses urbanisasi.

Seiring inisiasi pemerintah yang menargetkan 70 persen penduduknya tinggal di kota. Ke depannya, kota-kota di Negeri Tirai Bambu itu akan menjadi rumah bagi banyak blok-blok apartemen dengan desain unik.

Sebelum sampai masa itu, ada banyak bangunan yang akan memulai konstruksi dan diselesaikan pada 2016.

Berikut ini delapan proyek arsitektur yang paling bakal mengguncang dunia:

1. Lotte World Tower

Lotte World Tower merupakan gedung serbaguna berbentuk ramping yang berada di Seoul, Korea Selatan. Gedung rancangan arsitek Chicago, Kohn Pedersen Fox ini diproyeksikan akan selesai pada tahun ini.

Ketika selesai dibangun, Lotte World Tower dengan tinggi 555 meter akan menjadi bangunan tertinggi di Semenanjung Korea.

Penghargaan itu membuat Ryugyong Hotel di Pyongyang, Korea Utara dengan tinggi 330 meter turun ke peringkat dua sebagai bangunan tertinggi di Korea.

Korea Utara yang notabene telah bersengketa selama 70 tahun dengan Korea Selatan belum memiliki rencana untuk mengalahkan Lotte World Tower di Seoul.

Bahkan bila terjadi nanti, perang dalam hal arsitektur akan lebih baik ketimbang perang menggunakan senjata.

Ketika selesai dibangun, Lotte World Tower dengan tinggi 555 meter akan menjadi bangunan tertinggi di Semenanjung Korea.

Halaman:


Sumber BBC.com
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X