Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Tak Ada Proyek "Supertall" Baru

Kompas.com - 31/12/2015, 09:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cushman & Wakefield Indonesia memprediksi tak ada proyek supertall baru, pencakar langit di atas ketinggian 300 meter, yang diluncurkan tahun depan.

Prediksi ini berdasarkan pertimbangan pada siklus properti Jakarta atau Indonesia secara umum yang memperlihatkan pelemahan. 

Hampir semua sub-sektor properti, terutama perkantoran sebagai fungsi dominan supertall, menunjukkan penurunan penyerapan pada masa paceklik tahun ini. 

"Hanya sub-sektor perkantoran di pusat bisnis ataucentral business district (CBD) Jakarta yang masih tumbuh positif dibanding tahun 2014," ujar Director Research and Advisory Cushman & Wakefield Indonesia, Arief Rahardjo dalam analisa tertulis kepada Kompas.com, Kamis (10/12/2015).

Arief menuturkan, tahun 2015 subsektor perkantoran CBD Jakarta masih mampu menyerap 56.800 meter persegi ruang perkantoran dibandingkan tahun lalu seluas 42.800 mter persegi.

Namun demikian, untuk tahun depan tak akan ada proyek supertall baru yang diluncurkan para pengembang.

Tahun 2016 mendatang, para pengembang akan fokus merealisasikan proyek-proyek yang sudah diluncurkan tahun ini dan merampungkan proyek-proyek yang sedang dalam tahap konstruksi. (Baca: Jakarta Semakin Menjulang)

Supertall yang sedang dalam tahap pembangunan adalah Icon Tower 1, calon pencakar langit terjangkung di Indonesia setinggi 350 meter, Thamrin Nine Tower 1 dengan 333,5 meter, Indonesia One North dan South Tower masing-masing setinggi 303 meter.

Klik gambar "Jakarta Semakin Menjulang" berikut ini untuk mendapat gambaran utuh mengenai perkembangan pencakar langit Jakarta dalam infografis.

Stephanie Tanata dan Lilyana Tjoeng/Kompas.com Jakarta Semakin Menjulang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com