Kompas.com - 31/12/2015, 09:07 WIB
Siklus properti Jakarta tahun 2015 yang menunjukkan pelemahan. Cushman & Wakefield IndonesiaSiklus properti Jakarta tahun 2015 yang menunjukkan pelemahan.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Cushman & Wakefield Indonesia memprediksi tak ada proyek supertall baru, pencakar langit di atas ketinggian 300 meter, yang diluncurkan tahun depan.

Prediksi ini berdasarkan pertimbangan pada siklus properti Jakarta atau Indonesia secara umum yang memperlihatkan pelemahan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hampir semua sub-sektor properti, terutama perkantoran sebagai fungsi dominan supertall, menunjukkan penurunan penyerapan pada masa paceklik tahun ini. 

"Hanya sub-sektor perkantoran di pusat bisnis ataucentral business district (CBD) Jakarta yang masih tumbuh positif dibanding tahun 2014," ujar Director Research and Advisory Cushman & Wakefield Indonesia, Arief Rahardjo dalam analisa tertulis kepada Kompas.com, Kamis (10/12/2015).

Arief menuturkan, tahun 2015 subsektor perkantoran CBD Jakarta masih mampu menyerap 56.800 meter persegi ruang perkantoran dibandingkan tahun lalu seluas 42.800 mter persegi.

Namun demikian, untuk tahun depan tak akan ada proyek supertall baru yang diluncurkan para pengembang.

Tahun 2016 mendatang, para pengembang akan fokus merealisasikan proyek-proyek yang sudah diluncurkan tahun ini dan merampungkan proyek-proyek yang sedang dalam tahap konstruksi. (Baca: Jakarta Semakin Menjulang)

Supertall yang sedang dalam tahap pembangunan adalah Icon Tower 1, calon pencakar langit terjangkung di Indonesia setinggi 350 meter, Thamrin Nine Tower 1 dengan 333,5 meter, Indonesia One North dan South Tower masing-masing setinggi 303 meter.

Klik gambar "Jakarta Semakin Menjulang" berikut ini untuk mendapat gambaran utuh mengenai perkembangan pencakar langit Jakarta dalam infografis.

Stephanie Tanata dan Lilyana Tjoeng/Kompas.com Jakarta Semakin Menjulang
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.