Kompas.com - 24/12/2015, 17:07 WIB
Zeynep Fadillioglu, arsitek yang merancang Masjid Sakirin di Istanbul, Turki. Zeynep Fadillioglu, arsitek yang merancang Masjid Sakirin di Istanbul, Turki.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Di Istanbul, Turki, masjid dirancang dengan sentuhan perempuan yang kental. Zeynep Fadillioglu adalah desainer di belakangnya.

Ia berkreasi secara elegan dalam pencampuran ornamen modernisme dan tradisional.

Ia diyakini sebagai wanita pertama yang merancang masjid. Saat berusia 59 tahun, Fadillioglu juga telah merancang dua masjid lainnya di Doha, Qatar, pada tahun 2010.

Masjid Sakirin di Istanbul, Turki.

Di Istanbul, Fadillioglu merancang Masjid Sakirin. Karena bukan penganut Agama Islam, Fadillioglu berkonsultasi dengan otoritas Muslim untuk pembangunan masjid tersebut.

"Menurut saya, ketika Anda melangkah masuk masjid, seperti bangunan keagamaan lainnya, Anda akan meninggalkan segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia luar, di luar pintu masjid," kata Fadillioglu.

Seperti kebanyakan masjid, Fadillioglu merancang Masjid Sakirin dengan kubah. Menurut dia, kubah membuat siapapun yang berada di bawahnya merasa rendah diri terhadap Tuhan.

"Pada saat yang sama, kandil yang indah dan jauh lebih rendah dari normal, memungkinkan orang untuk merasa lebih aman memiliki cahaya rendah ini di atas kepala mereka," tutur Fadillioglu.

Dibandingkan dinding, Fadillioglu memilih membangun jendela besar dalam logam rumit yang memungkinkan cahaya untuk masuk.

"Dinding ini membelai Anda seperti halaman Al-Quran," jelas Fadillioglu.

Warna, tekstur, dan bentuk, dirancang sedemikian rupa sehingga terhubung dengan tradisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.