Tahun Depan, Kementerian PUPR Prioritaskan Empat Sektor

Kompas.com - 22/12/2015, 23:00 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bersama jajaran Direktur Jenderal Kementerian PUPR dalam Konferensi Pers Capaian Kementerian PUPR 2015 di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (22/12/2015). Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bersama jajaran Direktur Jenderal Kementerian PUPR dalam Konferensi Pers Capaian Kementerian PUPR 2015 di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (22/12/2015).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merilis prioritas pembangunan untuk tahun 2016 yang sesuai dengan usulan alokasi anggaran TA 2016 sebesar Rp 104,08 triliun.

Prioritas pembangunan dipusatkan pada empat Direktorat Jenderal (Ditjen), yakni Ditjen Sumber Daya Air (SDA), Ditjen Bina Marga, Ditjen Cipta Karya, dan Ditjen Perumahan.

Untuk Ditjen SDA, mengacu pencanangan pembangunan 49 waduk dan bendungan pada periode kepemimpinan Joko Widodo, sebanyak 13 waduk dan bendungan sudah berhasil dibangun pemerintah melalui Kementerian PUPR pada 2015.

Tahun depan, demi mencapai target, Ditjen SDA akan membangun beberapa bendungan lagi.

"Kita ingin membangun 8 bendungan baru pada tahun 2016. Satu bendungan tadinya akan ditender bulan ini namun keamanan dan desain belum siap jadi mudah-mudahan Januari bisa ditender," papar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Selasa (22/12/2015).

Ditjen SDA juga akan membangun 60.000 hektar dan merehabilitasi 347.000 hektar irigiasi, rawa, dan tambak serta mengoperasikan sebesar 3,4 juta hektar irigasi, rawa, dan tambak baru.

Selain itu, Ditjen SDA juga akan membangun kembali 273 kilometer pengendali banjir ditambah dengan 38 kilometer pengamanan pantai dan 387 buah embung di pulau-pulau kecil Indonesia.

Jalan tol mangkrak diteruskan

Sementara itu Ditjen Bina Marga akan meneruskan pembangunan jalan dan jalan tol yang belum bisa diselesaikan pada 2015.

"Bina Marga akan bangun 769 kilometer termasuk meneruskan pembukaan jalan perbatasan Kalimantan, NTT, dan Papua. Kami juga akan bangun jalan tol 29 kilometer," terang Basuki.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X