Pembangunan Calon Pencakar Langit Terjangkung Dunia Capai 26 Lantai

Kompas.com - 01/12/2015, 13:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Dubai, Uni Emirat Arab, juara dari semua hal yang terbesar, tertinggi, dan termahal akan mendapat pesaing dari Arab Saudi.

Negeri ini sedang membangun sebuah gedung dengan tinggi melebihi Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia saat ini.

Predikat sebagai gedung tertinggi dunia dari Guinness World Record nampaknya harus siap dilepas oleh Burj Khalifa jika Arab Saudi benar-benar bisa merampungkan pembangunan Jeddah Tower.

Gedung tersebut diperkirakan menghabiskan dana hingga 1,23 miliar dollar AS untuk pembangunannya.

Pemerintah Arab Saudi merilis bahwa Jeddah Economy Company dan Arabia's Alinma Investment telah menandatangani kesepakatan pembiayaan sebesar 8,4 miliar real atau sekitar 2,2 miliar dollar ASuntuk pembangunan Jeddah City, termasuk Jeddah Tower.

Saat ini pembangunan Jeddah Tower telah sampai pada lantai 26 dari total 200 lantai yang akan dibangun.

Pencakar langit itu bakal mengangkasa 1 kilometer dan diproyeksikan selesai pada 2020. Sebagai perbandingan, Burj Khalifa berdiri setinggi 830 meter.

"Dengan kesepakatan ini, kami akan memiliki pencapaian baru, yakni pengembangan properti tertinggi dan akan memenuhi tujuan perusahaan untuk menciptakan sebuah pusat perkotaan kelas dunia yang menawarkan gaya hidup maju," jleas CEO Jeddah Economy Company, Mounib Hammoud.

skyscrapercity Kingdom Tower di antara pencakar-pencakar langit lainnya.
Jeddah bakal memiliki tengara ikonik baru yang menarik berbagai macam lapisan masyarakat dengan layanan yang komprehensif dan multi-fungsi.

"Megatall" yang disebut Kingdom Tower ini menghadap Laut Merah. Seperti dilansir Saudi Gazette, pembangunan Jeddah Tower atau Kingdom Tower ini membutuhkan sekitar 5,7 juta kaki persegi beton dan 80.000 ton baja.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.