Kompas.com - 27/11/2015, 13:18 WIB
Disneyland Shanghai shanghaidisneyresortDisneyland Shanghai
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Sebuah gugus tugas baru-baru ini dibentuk secara khusus oleh Pemerintah China, untuk menindak penggunaan ilegal merek dagang dan logo Disney serta bentuk lain dari materi berhak cipta.

Sejauh ini, terdapat lima hotel di negeri Tirai Bambu tersebut yang didenda karena menggunakan merek dagang dan logo Disney tanpa izin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelima hotel tersebut menggunakan merek dagang dan logo Disney ebagai materi iklan dan mengaku berafiliasi dengan Disneyland Shanghai.

Regulator bisnis Shanghai yang mengurusi sektor industri dan perdagangan menemukan kelima hotel tersebut dimiliki oleh Shenzhen Vienna Hotels Group.

Pengelola hotel kedapatan mencantumkan merek dagang dan logo Disney pada penanda properti (signage) dan situs resmi mereka tanpa izin.

Celakanya, hotel-hotel tersebut berada di kawasan bisnis Pudong, Shanghai, yang notabene merupakan lokasi serupa dengan Disneyland Shanghai yang akan dibuka tahun depan.

Tak hanya hotel, praktek ilegal mencuri merek dagang dan logo Disney juga dilakukan oleh para pengusaha Cina di luar sektor hospitalitas.

Mengutip Theme Park University, situs yang khusus membahas mengenai taman bertema, terungkap sebanyak 40 persen produk Disney yang dijual di China adalah tidak sah.

Produk-produk tersebut antara lain DVD bajakan, kaos, gantungan kunci, dan barang-barang aksesori lainnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.