Jasa Marga Anggarkan Belanja Modal Rp 14 Triliun

Kompas.com - 31/10/2015, 10:26 WIB
ilustrasi jalan tol ilustrasi jalan tol
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai penyelenggara jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tengah mengusahakan agar laba bersih tahun 2016 stabil. Pasalnya, pada tahun tersebut, investasi Jasa Marga terbilang besar.

Untuk itu, perseroan menganggarkan dana senilai Rp 14 triliun sebagai belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun depan guna membiayai proyek-proyek jalan tol yang sedang dikembangkan.

"Kita nggak pernah memberikan proyeksi laba bersih, yang bisa saya sampaikan, tahun depan investasi kita besar sekali. Kita akan punya capex senilai Rp 14 triliun," ujar Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Reynaldi Hermansjah di kantor Jasa Marga, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Besarnya anggaran ini, kata Reynaldi, disebabkan oleh pembangunan atau konstruksi tol yang jumlahnya banyak. Sebut saja ruas jalan Tol Solo-Ngawi dan Tol Ngawi-Kertosono, di Jawa Timur masih menjadi beban yang harus diselesaikan oleh Jasa Marga.

Reynaldi menambahkan, ada dua ruas yang diharapkan bisa beroperasi tahun depan, yaitu Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, seksi Bawen-Solo dan bagian dari Tol Ngawi-Kertosono.

Terkait revaluasi aset, Jasa Marga masih mempelajari dulu dampaknya. Saat ini, revaluasi masih dalam perhitungan dan pengkajian. Oleh sebab itu, Reynaldi mengaku belum berani berspekulasi besaran nilai revaluasi asetnya.

Adapun sebagian besar hasil revaluasi ini nantinya untuk merealisasikan ruas-ruas jalan tol baru milik Jasa Marga. "Kan kita baru akuisisi Tol Solo-Ngawi, Tol Ngawi-Kertosono, dan Tol Cinere-Serpong. Tahun depan, kita realisasikan itu karena tanahnya sudah bebas hampir 90 persen," jelas Reynaldi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X