Ikuti 7 Cara Menghilangkan Lelah pada Siang Hari

Kompas.com - 25/09/2015, 18:00 WIB
Orang yang terkena cahaya alami sepanjang hari rata-rata tidur 46 menit lebih banyak setiap malam. DecoistOrang yang terkena cahaya alami sepanjang hari rata-rata tidur 46 menit lebih banyak setiap malam.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Seringkali Anda sulit untuk bangun saat tidur di rumah. Selain karena pekerjaan, beberapa hal di rumah dan lingkungan Anda juga berpengaruh terhadap kondisi tubuh yang terasa lelah pada siang hari.

Untuk menghindarinya, coba tujuh hal berikut ini:

1. Tembok bercat biru

Sebuah studi dari Travelodge menginvestigasi warna cat tembok di 2.000 rumah. Studi ini menemukan bahwa tembok bercat biru membantu menurunkan denyut jantung, tekanan darah, dan membuat Anda mengantuk. Biru sangat baik bila diterapkan pada tembok kamar, tetapi tidak di ruangan lain.

2. Layar televisi dan peralatan elektronik

Layar televisi, tablet, telepon genggam, ataupun laptop memancarkan gelombang biru. Gelombang ini menekan otak untuk memproduksi melatonin, yaitu cairan kimia yang membuat Anda merasa lelah dan ingin tertidur. Gelombang ini juga merusak kualitas tidur dan mengakibatkan Anda kelelahan keesokan harinya.

amazon.com Memasuki waktu sore atau malam hari, mesin ini mungkin salah satu alasan Anda tidak mengantuk saat memasuki jam tidur.
3. Mesin pembuat kopi

Alat ini sudah menjadi penyelamat di pagi hari. Meski demikian, memasuki waktu sore atau malam hari, mesin ini mungkin salah satu alasan Anda tidak mengantuk saat memasuki jam tidur.

Kafein secara simultan meningkatkan energi yang menjadikan Anda tidak mengantuk dan merasa haus. Ketika Anda terjaga saat memasuki jam tidur, keesokan harinya Anda akan merasa lelah.

4. Lilin aromaterapi lavender

Tentu saja, lilin ini memancarkan wewangian yang menjadikan Anda merasa santai. Namun, pada waktu yang sama, lilin ini membuat Anda merasa lelah.

Seorang ahli psikologi dari Wesleyan University menemukan bahwa orang yang menghirup wangi sebelum tidur, maka tidurnya akan nyenyak. Jadi, jangan menghirup wangi lavender saat siang hari. Sebagai gantinya, Anda bisa menghirup mint atau citrus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X