Kompas.com - 19/09/2015, 16:46 WIB
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Uni Emirat Arab tampaknya boleh berbangga dengan keberhasilan mereka mengubah semua wilayah berpasirnya menjadi sebuah negara yang maju dalam kurun waktu setengah abad. Bahkan, khusus di bidang arsitektur, Dubai sudah menegaskan kemajuannya dengan membangun sebuah gedung pencakar langit yang dinamakan Burj Khalifa.

Resmi dibuka pada 4 Januari 2010, bangunan berisi 160 lantai ini didaulat oleh Wikipedia sebagai salah satu geudng tertinggi di dunia buatan manusia. Segala kehebatan arsitektur yang menjadi penyusun Burj Khalifa juga membuatnya terkenal akan 10 fakta menarik tentangnya. Inilah sepuluh fakta menarik itu:

- Dengan ketinggian 868 meter Burj Khalifa bisa dikatakan dua kali lebih tinggi dari gedung Empire State dan tiga kali lebih tinggi dari menara Eiffel.

- Burj Khalifa telah memecahkan beberapa rekor sekaligus, yaitu sebagai bangunan berstruktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia, lantai tertinggi yang dihuni manusia di dunia, dek observasi outdoor tertinggi di dunia, serta lift berjarak terjauh di dunia.

- Catatan arsitektur Burj Khalifa menyatakan bahwa berat beton yang digunakan untuk membangun gedung tersebut setara 100.000 gajah. Adapun jumlah baja untuk strukturnya setara banyaknya baja pada lima pesawat Airbus 380.

youtube.com Menara tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Terletak di Dubai, Uni Emirat Arab, pencakar langit ini memiliki tinggi 828 meter.
- Desain bangunan secara keseluruhan mengadaptasi bentuk bunga Hymenocallis dari Yunani.

- Bangunan ini dirancang oleh perusahaan asal Korea Selatan, Samsung Engineering and Construction.

- Pembangunan Burj Khalifa menghabiskan biaya yang tak tanggung-tanggung, yakni sebesar 1,5 miliar dollar AS.

- Dalam proses pengerjaan konstruksinya, sekitar 12.000 pekerja dikerahkan untuk melaksanakan proyek tersebut.

- Begitu tingginya Burj Khalifa hingga ujung bangunannya dapat terlihat dari jarak 95 kilometer.

- Awalnya, bangunan ini dinamakan Burj Dubai, namun kemudian diganti menjadi Burj Khalifa untuk menghormati Sheik Khalifa bin Zayed al Nahyan, penguasa Abu Dhabi yang telah menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada 2009 silam.

- Burj Khalifa dilengkapi dengan 54 lift dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

Sumber : robertqtillsonburg.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.