Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stadion Baru Skuad "Les Bleus" Berkapasitas 60.000 Kursi

Kompas.com - 09/09/2015, 00:05 WIB
Nathania Hapsari

Penulis


KOMPAS.com - Firma arsitektur asal Swiss, Herzog & de Meuron, baru saja mengumumkan rencana pembangunan stadion klub sepakbola Chelsea senilai 500 juta Euro atau setara Rp 8 triliun. 

Meskipun gambar desain dari stadion belum dipublikasikan, rencana lokasi pembangunannya sudah ditentukan yakni bertempat di area stadion milik skuad berjuluk "Les Bleus", Stamford Bridge.

Dalam pengerjaan stadion ini, Herzog & de Meuron berkolaborasi dengan firma arsitektur yang cukup berpengalaman membuat rancangan induk yakni Lifschuzt Davidson. Kerja sama ini dimulai pada Januari 20115 dan usulan desain untuk stadion telah dikonsultasikan kepada publik demi mendapatkan persetujuan dan masukan. 

Hasil desain yang diusulkan pada bulan Juli lalu telah menerima persetujuan sebanyak 92 persen dari total 1.250 responden atas usulan untuk menambah kapasitas stadion dari 42.000 kursi menjadi 60.000 kursi.

Herzon & de Meuron menjelaskan rancangan stadion yang nantinya akan memiliki lubang lingkaran sempurna di atas lapangan tersebut terinspirasi langgam arsitektur gothic Westminster Abbey. 

Nama Herzon & Meuron memang sudah tidak asing lagi dalam hal perancangan bangunan terkenal, seperti proyek-proyek mereka sebelumnya yaitu Barcelona Forum Building dan Beijing National Stadium. Reputasi ini pula yang membuat mereka disebut sebagai “salah satu firma arsitektur yang paling dikagumi di dunia” oleh New York Times Magazine pada 2006 silam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com