Kompas.com - 09/09/2015, 00:05 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Firma arsitektur asal Swiss, Herzog & de Meuron, baru saja mengumumkan rencana pembangunan stadion klub sepakbola Chelsea senilai 500 juta Euro atau setara Rp 8 triliun. 

Meskipun gambar desain dari stadion belum dipublikasikan, rencana lokasi pembangunannya sudah ditentukan yakni bertempat di area stadion milik skuad berjuluk "Les Bleus", Stamford Bridge.

Dalam pengerjaan stadion ini, Herzog & de Meuron berkolaborasi dengan firma arsitektur yang cukup berpengalaman membuat rancangan induk yakni Lifschuzt Davidson. Kerja sama ini dimulai pada Januari 20115 dan usulan desain untuk stadion telah dikonsultasikan kepada publik demi mendapatkan persetujuan dan masukan. 

Hasil desain yang diusulkan pada bulan Juli lalu telah menerima persetujuan sebanyak 92 persen dari total 1.250 responden atas usulan untuk menambah kapasitas stadion dari 42.000 kursi menjadi 60.000 kursi.

Herzon & de Meuron menjelaskan rancangan stadion yang nantinya akan memiliki lubang lingkaran sempurna di atas lapangan tersebut terinspirasi langgam arsitektur gothic Westminster Abbey. 

Nama Herzon & Meuron memang sudah tidak asing lagi dalam hal perancangan bangunan terkenal, seperti proyek-proyek mereka sebelumnya yaitu Barcelona Forum Building dan Beijing National Stadium. Reputasi ini pula yang membuat mereka disebut sebagai “salah satu firma arsitektur yang paling dikagumi di dunia” oleh New York Times Magazine pada 2006 silam.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.