Memilih Posisi Apartemen, di Atas atau Bawah?

Kompas.com - 04/09/2015, 09:48 WIB
Apartemen dengan lantai lebih tinggi dan arah hadap pemandangan menawan memiliki harga berbeda ShutterstockApartemen dengan lantai lebih tinggi dan arah hadap pemandangan menawan memiliki harga berbeda
|
EditorSri Noviyanti

KOMPAS.com — Bagi sebuah hunian vertikal, posisi atau letak hadap begitu menentukan. Apartemen dengan lantai lebih tinggi dan arah hadap pemandangan menawan memiliki harga berbeda. Artinya, semakin baik pemandangan yang dinikmati mata, semakin tinggi harga apartemen tersebut.

Itulah mengapa, untuk mendapat harga bersaing, calon pembeli atau investor akan mempertimbangkan betul posisi apartemennya. Berikut keuntungan dan kerugian dalam pemilihan posisi apartemen:

Posisi lantai apartemen

Orang yang memilih apartemen lantai delapan ke atas ialah orang yang mendambakan pemandangan indah. Lantai atas menawarkan panorama yang indah.

Apartemen di kota-kota besar, misalnya, akan memanjakan mata dengan pemandangan kota berhias langit biru. Pada apartemen tertentu, diberikan tambahan biaya untuk mendapatkan kamar dengan view seperti ini.

Keuntungan kedua, semakin tinggi posisi, semakin rendah tingkat kebisingan. Kelebihan lainnya, lantai atas relatif lebih aman dari pencuri meski hal ini bukan jaminan.

shutterstock Keuntungan kedua, semakin tinggi posisi apartemen, semakin rendah tingkat kebisingan.

Sementara itu, kekurangannya, lantai atas mengakibatkan sulitnya membawa furnitur. Kesulitan kedua ialah dalam keadaan darurat dan terjadi bencana, seperti gempa atau kebakaran.

Sebaliknya, bukan berarti apartemen di bawah lantai delapan tidak memiliki nilai jual. Apartemen di lantai bawah bisa mendapat pemandangan dengan memilih yang berhadapan dengan taman dan kolam renang.

Kelebihan apartemen di lantai bawah biasanya dipilih karena posisi yang lebih dekat dengan lantai dasar atau akses keluar. Anda dapat menghemat waktu saat ingin pergi dan memudahkan saat memasukkan furnitur.

Yang harus dicatat saat memilih apartemen lantai dasar, pastikan tidak terletak di antara pintu masuk bangunan, tangga darurat, sarana umum, seperti pusat kebugaran dan juga lift untuk meminimalisasi kebisingan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X