Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surabaya, Yogyakarta, dan Magelang Kota Cerdas 2015

Kompas.com - 13/08/2015, 20:08 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Surabaya, Yogyakarta, dan Magelang terpilih sebagai Kota Cerdas 2015. Ketiga kota ini menjadi peringkat pertama untuk masing-masing kategori kota besar berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa, kota sedang berpenduduk 200.000 jiwa hingga satu juta jiwa, dan kota kecil dengan penduduk 200.000 jiwa.

Penganugerahan Kota Cerdas 2015 digelar pada Kamis (13/8/2015) di Grand Ballroom, Shangri-La Hotel, Jakarta, yang diberikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Kota-kota tersebut dinilai memenuhi beberapa kriteria kota cerdas yakni mampu melayani, dan memenuhi kebutuhan warganya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan. 

Penganugerahan Kota Cerdas 2015 berdasarkan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) yang disusun oleh Harian Kompas, dan Institut Teknologi Bandung (ITB), didukung oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN).

Berikut daftar pemenang Kota Cerdas 2015:

Kategori kota besar:
1. Surabaya
2. Tangerang
3. Depok
4. Bandung
5. Semarang

Kategori kota sedang
1. Yogyakarta
2. Balikpapan
3. Surakarta
4. Pontianak
5. Malang

Kategori kota kecil
1. Magelang
2. Madiun
3. Bontang
4. Mojokerto
5. Salatiga

Selain sebagai kota cerdas kategori kota besar, Surabaya juga meraih penghargaan sebagai kota cerdas dalam kategori lingkungan. Sementara kota cerdas secara perekonomian diraih oleh Magelang, dan kota cerdas sosial adalah Madiun.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com