"Smart City", Kota yang Membuat Warganya "Happy"

Kompas.com - 13/08/2015, 17:00 WIB
Suhono Harso Supangkat ARI PRASETYO/Kompas.comSuhono Harso Supangkat
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com -  Kota cerdas atau smart city  tak hanya melulu terkait masalah konektivitas, kemudahan mobilitas, dan juga berbasis teknologi. Lebih dari itu, kota cerdas adalah menyangkut bagaimana warganya bahagia (happy) tinggal dan berkegiatan di kotanya.

"Kebahagiaan atau happiness jauh lebih penting, daripada konektivitas. Kota cerdas itu tentang ekosistem, orangnya, warganya, yang bisa mengaktualisasikan dirinya dan bahagia hidup di kotanya," tutur salah satu penyusu kriteria Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2015 sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB, Suhono Harso Supangkat kepada Kompas.com, Kamis (13/8/2015). 

Sebuah kota dianggap bisa menerapkan konsep cerdas, kata Suhono, bila mampu melayani, dan memenuhi kebutuhan warganya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan. 

Kota cerdas dalam perekonomian, Suhono mencontohkan, apabila kota tersebut ditopang perekonomian yang berjalan dengan baik, termasuk kegiatan industri, dengan memaksimalkan sumber daya yang ada, terutama manusia sebagai aset dan aktor utama penggerak ekonomi. 

Sementara dalam segi pengelolaan aspek sosial, sebuah kota dinilai berhasil jika masyarakat bisa menikmati keamanan, kemudahan dan kenyamanan di kota tersebut. Warga mendapatkan layanan kesehatan, transportasi, serta layanan publik lainnya yang mudah diakses dan layak.

Pengelolaan lingkungan yang cerdas juga dapat digambarkan sebagai kota yang bisa menyediakan hunian yang sehat, pengelolaan energi dengan prinsip hemat, dan kesesuaian tata ruang.


Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X