Dukung "Smart City", PGN Jalin Kerjasama dengan 11 Kota

Kompas.com - 13/08/2015, 16:00 WIB
Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN), Wahid Sutopo. ARI PRASETYO/Kompas.comDirektur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN), Wahid Sutopo.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN)Wahid Sutopo mengatakan, untuk mendukung inisiasi terciptanya kota cerdas atau smart city di Indonesia, perseroan akan menjalin kerjasama dengan 11 kota.

"Kami berencana untuk membangun jaringan gas di 11 (sebelas) kota di seluruh Indonesia. Kebutuhannya sudah sangat tinggi, sebagai pemenuhan energi ramah lingkungan," ungkap Wahid, dalam sharing session Diskusi Panel Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) di Grand Ballroom, Shangri-La Hote, Jakarta, Kamis (13/8/2015). 

Wahid menambahkan, jaringan dan instalasi pipa gas tersebut akan dikerjasamakan dengan para pengelola (manajer) kota. Kota-kota tersebut yang secara teknis akan menyediakan lokasi-lokasi yang memungkinkan untuk dipasang jaringan pipa gas.

Kerjasama PGN dengan sebelas kota, kata Wahid, adalah dalam rangka menciptakan visi kota cerdas yang terpenuhi kebutuhan energinya dengan skala layanan mulai dari usaha kecil menengah (UKM), rumah tangga, hingga bisnis, dan komersial.

Hingga saat ini, PGN telah membangun 6.200 kilometer jaringan pipa gas alam cair, dan jaringan pipa gas bertekanan tinggi. PGN juga telah membangun jaringan pipa gas berbasis serat optik di beberapa daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, di antaranya kebutuhan transportasi, industri, dan lain sebagainya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X