Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung "Smart City", PGN Jalin Kerjasama dengan 11 Kota

Kompas.com - 13/08/2015, 16:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN)Wahid Sutopo mengatakan, untuk mendukung inisiasi terciptanya kota cerdas atau smart city di Indonesia, perseroan akan menjalin kerjasama dengan 11 kota.

"Kami berencana untuk membangun jaringan gas di 11 (sebelas) kota di seluruh Indonesia. Kebutuhannya sudah sangat tinggi, sebagai pemenuhan energi ramah lingkungan," ungkap Wahid, dalam sharing session Diskusi Panel Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) di Grand Ballroom, Shangri-La Hote, Jakarta, Kamis (13/8/2015). 

Wahid menambahkan, jaringan dan instalasi pipa gas tersebut akan dikerjasamakan dengan para pengelola (manajer) kota. Kota-kota tersebut yang secara teknis akan menyediakan lokasi-lokasi yang memungkinkan untuk dipasang jaringan pipa gas.

Kerjasama PGN dengan sebelas kota, kata Wahid, adalah dalam rangka menciptakan visi kota cerdas yang terpenuhi kebutuhan energinya dengan skala layanan mulai dari usaha kecil menengah (UKM), rumah tangga, hingga bisnis, dan komersial.

Hingga saat ini, PGN telah membangun 6.200 kilometer jaringan pipa gas alam cair, dan jaringan pipa gas bertekanan tinggi. PGN juga telah membangun jaringan pipa gas berbasis serat optik di beberapa daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, di antaranya kebutuhan transportasi, industri, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com