Kompas.com - 10/08/2015, 07:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun terakhir, banyak desainer memperdebatkan apakah baja anti-karat (stainless steel) akan terus populer di dapur-dapur para profesional atau master chef dan awam. Pasalnya, peralatan dapur hitam dan putih yang mengilap mulai menarik perhatian.

Sementara perdebatan berlanjut, jutaan orang masih memilih baja anti karat karena terlihat mengagumkan. Apakah Anda salah satu yang memilih menggunakan baja anti-karat sebagai tema di dapur rumah?

Jika demikian, berikut beberapa cara merawat dan menjaga baja anti-karat terlihat mentereng setiap saat.

1. Anti karat bukan berarti tidak bisa rusak

Selain tampak halus, permukaan yang tidak keropos dari baja anti-karat menghalangi pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lain. Hal tersebut adalah alasan mengapa baja anti-karat begitu banyak digunakan di dapur profesional.

Sayangnya, tidak berarti karat dan noda dapat dicegah. Para ahli di North American Association of Food Equipment Manufacturers mengatakan, jika pelindung pada permukaan baja anti-karat tergores dengan sikat kawat, kemudian terjadi kontak dengan air atau terkena klorida dari pembersih rumah tangga, maka baja anti-karat menjadi rentan terhadap kerusakan.

2. Alat kebersihan

Untuk perawatan yang aman dan pembersihan, mulailah dengan alat yang tepat. The European Stainless Steel Development Association, atau ESDA, menyarankan menggunakan spons lembut dan kain microfiber.

Jangan membersihkan dengan sikat baja yang bisa membuat goresan. Sebaliknya, pilih bantalan dari plastik untuk pekerjaan yang sulit.

3. Pembersihan satu arah

Halaman:
Sumber Houzz.com


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.