Kompas.com - 30/07/2015, 18:00 WIB
Situasi kebakaran di Pasar Klewer, Solo, Sabtu (27/12/2014) malam. TRIBUN JATENG/ SUHARNOSituasi kebakaran di Pasar Klewer, Solo, Sabtu (27/12/2014) malam.
|
EditorHilda B Alexander
SURAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (Wika) memulai pembangunan kembali Pasar Rakyat Klewer pada Minggu (26/7/2015). Pasar Klewer seperti diketahui, sempat terbakar pada 27 Desember 2014.

Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, Direktur Operasi III Perseroan Destiawan Soewardjono, jajaran Pemerintah Kota Surakarta, dan Manajemen Proyek Wika.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Destiawan berharap, pasar yang direvitalisasi ini akan menjadi nadi ekonomi warga Surakarta. "Kami optimis proyek ini dapat berjalan baik dan memenuhi target secara tepat waktu dan tepat mutu," ujar Destiawan kepada Kompas.com, Kamis (30/7/2015).

Rencananya, proses pembangunan proyek ini akan berlangsung selama 150 hari kalender kerja terhitung sejak tanggal yang ditetapkan dalam penandatanganan perjanjian kontrak. Lingkup utama pekerjaan Wika adalah struktur dan arsitektur.

Menurut Sekretaris Perusahaan, Suradi, Wika bertindak sebagai kontraktor. Sementara pengembangan dan pengelolanya tetap pemerintah daerah. "Itu masih tahap awal. Tahun ini hanya struktur dasarnya. Ke depan, akan ditenderkan lebih besar lagi," tutur Suradi.

Pasar Klewer akan dibangun empat lantai dengan konsep semi-modern. Lantai dasar atau basement akan digunakan sebagai tempat parkir. Sementara lantai berikutnya terdiri dari 137 kios pedagang rentengan dan pedagang kaki lima (PKL). Sedangkan lantai satu dan dua akan ditempati kios pedagang sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.