Kompas.com - 24/07/2015, 13:00 WIB
Vertical City Luca Curci ArchitectsVertical City
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Saat harga tanah melambung tinggi dan pasokan semakin menyusut, alternatif mengatasinya adalah reklamasi. Namun, karena terlalu umum (mainstream), dan juga ditentang para pecinta lingkungan hidup, maka terobosan yang dilakukan adalah membangun di dasar laut.

Arsitek Luca Curci yang berbasis di Bari, Italia, pun merancang sebuah kota vertikal atau vertical city . Konsep pengembangan ini memungkinkan tiang pancang ditanam di dasar laut. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip situs Globalconstructionreview  kota vertikal bakal terdiri atas 180 lantai yang didesain berupa lapisan bertumpuk dengan ketinggian mencapai 750 meter.

Rancangan yang dikembangkan Luca merupakan pembaruan dari konsep lawas Corbusier yakni city in the sky. Sang arsitek mendesain vertical city dengan kapasitas 25.000 orang. Selain itu,  kota ini dilegkapi dengan 200.000 meter persegi taman, kebun, dan rerumputan yang bisa diakses publik.

Rencananya, vertical city akan dibangun menggunakan elemen modular prefabrikasi berbentuk horisontal dan vertikal sehingga mewujud benda menyerupai saringan silinder. 

Strukturnya akan dikelilingi oleh membran kaca fotovoltaik yang sekaligus dapat memasok listrik untuk seluruh bangunan dengan tujuan membuat generator energi bersih.

"Struktur akan di bangun di dasar laut, dan memiliki parkir ruang bawah tanah serta beragam fasilitas macam spa, pusat meditasi, pusat kebugaran, dan kamar hotel mewah dengan pemandangan bawah air," terang Luca.

Kota vertikal, menurut Luca, sejatinya adalah interpretasi gagasan modular kota kontemporer. Karena itu, hingga saat ini belum ada kelanjutan pasti dari rencana ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.