Kompas.com - 24/07/2015, 11:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa negatif dialami sub-sektor perhotelan Indonesia selama Juni 2015. Hal ini ditandai anjloknya tingkat hunian sebesar 18,6 persen meenjadi 58,7 persen. 

Menurut laporan STR Global, periset data perhotelan global yang dikirimkan kepada Kompas.com, melalui surel pada Jumat (24/7/2015), penurunan tingkat hunian tersebut dibarengi dengan kemerosotan pendapatan per kamar yang tersedia atau revenue per availablee room (RevPAR) 14,9 persen menjadi Rp 639.437.

Kendati demikian, lanjut STR, Indonesia masih beruntung karena tarif rerata hariannya atau average daily rate (ADR) justru naik 4,6 persen menjadi Rp 1,088 juta. 

Analisa STR Global menyebutkan, penurunan tingkat hunian hotel di Indonesia disebabkan oleh langkah-langkah penghematan Pemerintah. Pasar perhotelan seperti Jakarta, Bandung, dan Bali, mengalami penurunan permintaan. 

"Tingkat hunian jatuh tak lama setelah langkah-langkah penghematan diterapkan pada kuartal keempat 2014 lalu," tulis STR Global.

Fenomena negatif kinerja hotel tak hanya terjadi di Indonesia. Secara umum, di seluruh kawasan Asia Pasifik tidak mengalami perubahan berarti. Bahkan kinerja hotel cenderung datar untuk tiga metriks kinerja kunci yakni tingkat hunian, ADR, dan RevPAR.

Kawasan Asia Pasifik mengalami penurunan 0,2 persen pada tingkat hunian menjadi 66,2 persen. Demikian halnya dengan ADR yang beranjak sedikit 0,1 persen menjadi 102,32 dollar AS dan RevPAR mesorot 0,3 persen menjadi 67,7 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.