Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usir Nyamuk dengan 12 Jenis Tanaman Ini

Kompas.com - 22/07/2015, 16:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Memasuki musim kemarau, keberadaan nyamuk yang bertambah merupakan keniscayaan. Belum lagi, jika Anda adalah tipe orang yang mudah terkena gigitan nyamuk.

Untuk menghindarinya, Anda hanya perlu meluangkan waktu di taman dan menggunakan keterampilan menanam beberapa tanaman. Anda bisa membuat sebuah oase yang bebas dari nyamuk berdengung dan menggigit.

Berikut ini adalah 12 tanaman pengusir nyamuk yang dapat dimasukkan ke dalam ruang hidup di luar ruangan Anda.

1. Basil

Tanaman ini sangat efektif memukul mundur nyamuk jika ditanam di sekitar rumah Anda. Basil juga bisa diletakkan di jendela, beranda, dan tempat lainnya.

2. Catnip

Beberapa penelitian melaporkan, catnip 10 kali lebih ampuh menolak nyamuk dibandingkan semprotan. Jika Anda punya kucing, mereka akan mendapatkan banyak hiburan dari setiap catnip yang ditanam.

3. Floss silk

Produsen obat nyamuk sering menggunakan bunga ini karena bau menjijikannya untuk nyamuk. Meskipun tanaman ini tidak mudah untuk tumbuh, saat berbunga, floss silk menciptakan pemandangan yang indah di kebun manapun.

4. Geranium

Mudah untuk dirawat, cantik, dan menghilangkan nyamuk menjengkelkan. Ketiga sifat ini merupakan alasan yang kuat untuk membuat Anda menanam geranium di taman.

5. Lemon balm

Untuk memanfaatkan sifat penolak nyamuk dari lemon balm, cukup pilih beberapa daun segar, hancurkan mereka dengan telapak tangan Anda, kemudian gosok pada kulit Anda.

6. Pennyroyal

Bunga ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, tetapi juga untuk membersihkan kebun dari kutu dan serangga lainnya. Anda juga dapat menambahkannya ke air panas untuk membuat teh yang mampu meredam kram akibat menstruasi!

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com