Jakarta Masuk Peta Ekspansi Hotel Mewah Dunia

Kompas.com - 21/07/2015, 10:23 WIB
The St Regis Jakarta StarwoodsThe St Regis Jakarta
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Hotel mewah yang termasuk dalam kategori properti premium, terus menunjukkan tren pertumbuhan di seluruh dunia. Ekspansi agresif jaringan operator internasional merangsek hingga ke kota-kota negara dunia ketiga. 

Jakarta, Beijing, Kairo, Nanjing, Chongqing, sekadar menyebut nama, kini masuk dalam peta ekspansi bisnis mereka. Di kota-kota yang sebelumnya luput dari radar pengembangan pasar merek-merek mewah ini, akan berdiri hotel-hotel dengan tarif di atas 300 dollar AS per malam. 

Dalam catatan TOPHOTELPROJECTS, periset bisnis hotel global, Jakarta akan dimasuki The St Regis. Hotel mewah ini berada di bawah naungan Starwoods Group, dan akan dibuka pada 1 Januari 2016 mendatang.

Pembukaan The St Regis Jakarta yang dibangun PT Mahkota Prima Properti, bersamaan dengan operasional gedung perkantoran Capital Place berikut fasilitas penunjangnya yakni ruang ritel. 

The St Regis Jakarta mencakup 124 suites dan presidential suite yang dilengkapi ruang pertemuan untuk kegiatan bersifat pribadi seluas 1.400 meter persegi. Fasilitas penginapan ini berada di dalam area pengembangan Capital Place seluas 2 hektar di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. 

The St Regis Jakarta merupakan bagian dari 19 hotel The St Regis lainnya di seluruh dunia. Antara lain The St Regis Istanbul, The St Regis Napa Valley, The St Regis Nanjing, The St Regis Dubai, dan The St Regis Kairo.

143 hotel

Mengglobalnya merek-merek hotel mewah di seluruh dunia, karena pergeseran permintaan kualitas layanan, dan gaya hidup. Alhasil, tak hanya jaringan operator hotel yang memang aktif melakukan ekspansi, merek legendaris macam The Ritz-Carlton pun tak ketinggalan. 

Selama bulan Juli 2015 saja, menurut TOPHOTELPROJECTS, terdapat 143 hotel mewah baru yang membuka pintunya untuk publik. Sebut saja Mandarin Oriental, salah satu grup hotel terbaik di dunia, akan mengoperasikan portofolio keduanya di Beijing dengan jumlah kamar 241 unit.

Demikian halnya dengan Marriott International yang membuka hotel di Macau dengan The Ritz-Carlton, di Zhejiang Anji dengan merek JW Marriott sebanyak 228 kamar, di Washington DC juga dengan merek JW Marriott Hotel (750 kamar), dan di Venice dengan merek sama sebanyak 266 kamar.

Sedangkan merek The Ritz-Carlton akan hadir dan memperkuat eksistensinya di Kairo dengan 431 kamar, di Budapest dengan 192 kamar, dan di Jeddah dengan 224 kamar.

Berikut 9 merek top yang melakukan ekspansi tahun ini:

1. Peninsula dengan 1 hotel baru di London
2. Mandarin Oriental dengan 14 proyek hotel baru yang tersebar di Beijing, Maladewa, Milan, Istanbul, Dubai, Moskow, dan Marrakes.
3. One & Only Hotel dengan 5 proyek hotel baru di Jeddah, Bahrain dan Sanya.
4. The Ritz-Carlton dengan 34 proyek hotel baru, antara lain di Muscat, Marrakes, Nanjing, Chongqing, Hainan, Makau dan Mumbai.
5. Aman Resorts dengan 8 proyek gedung, antara lain di Shanghai dan Libreville.
6. The St Regis dengan 19 proyek gedung baru saya, antara lain di Istanbul, Napa Valley, Jakarta, Nanjing, Dubai dan Kairo.
7. Oberoi dengan 3 proyek gedung baru di Casablanca dan Marrakes.
8. Four Seasons dengan 34 proyek gedung baru, antara lain di Agadir, Bangalore, Bahrain, Boston, Goa, Kuwait City, New Delhi dan Kuala Lumpur.
9. Shangri-La dengan 17 proyek gedung baru, antara lain di Colombo, Hangzhou, Nanchang dan Shaoxing.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X