Cuka dan "Baking" Soda, Pembersih Rumah Alami

Kompas.com - 18/07/2015, 21:29 WIB
Cuka dapat digunakan di ruang-ruang lain, mulai dari ruang tamu hingga kamar tidur. Gunakan juga larutan cuka untuk membersihkan lantai, pintu, dan dinding kayu yang tidak diberi lapisan lilin. www.houzz.comCuka dapat digunakan di ruang-ruang lain, mulai dari ruang tamu hingga kamar tidur. Gunakan juga larutan cuka untuk membersihkan lantai, pintu, dan dinding kayu yang tidak diberi lapisan lilin.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Untuk membersihkan rumah, kita seringkali menggunakan produk pembersih biasa yang dijual di supermarket. Sayangnya, pembersih ini memiliki banyak kandungan kimia.

Menurut University Extension Utah State, dengan membuat sendiri pembersih secara alami, maka Anda sama saja menjaga lingkungan dan juga mempertahankan kesehatan keluarga.

Di Amerika Serikat, biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli produk pembersih rata-rata 600 dollar AS (RP 8 juta) per tahun. Hal ini, telah menjadi target para produsen menciptakan produk pembersih "hijau" meski masih mengandung bahan kimia. Ini disebut greenwashing, menurut Divisi Pertanian University of Arkansas.

Dengan demikian, produk pembersih buatan sendiri lebih murah, sehat dan ramah lingkungan. Berikut adalah beberapa saran ahli untuk membuat pembersih rumah tangga dan penghilang bau:

1. Pembersih serba guna

Campur cuka putih dan air dalam stoples berukuran satu liter dan tambahkan dua tangkai rosemary, 1/2 lemon dan 1/2 jeruk. Diamkan selama satu sampai dua hari.

Setelah itu, gunakan untuk membersihkan permukaan, misalnya meja dapur. Pembersih ini juga bisa menghilangkan bintik-bintik pada karpet.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Pembersih jendela

Campurkan 3 sendok makan cuka, 2 gelas air, 1/4 sampai 1/2 sendok teh cairan deterjen. Campur bahan tersebut dalam botol semprot dan kocok.

Campuran ini bisa digunakan untuk jendela terutama saa kotor. Gunakan juga koran yang tidak meninggalkan bekas pada jendela atau cermin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X