Cuka dan "Baking" Soda, Pembersih Rumah Alami - Kompas.com

Cuka dan "Baking" Soda, Pembersih Rumah Alami

Kompas.com - 18/07/2015, 21:29 WIB
www.houzz.com Cuka dapat digunakan di ruang-ruang lain, mulai dari ruang tamu hingga kamar tidur. Gunakan juga larutan cuka untuk membersihkan lantai, pintu, dan dinding kayu yang tidak diberi lapisan lilin.

KOMPAS.com - Untuk membersihkan rumah, kita seringkali menggunakan produk pembersih biasa yang dijual di supermarket. Sayangnya, pembersih ini memiliki banyak kandungan kimia.

Menurut University Extension Utah State, dengan membuat sendiri pembersih secara alami, maka Anda sama saja menjaga lingkungan dan juga mempertahankan kesehatan keluarga.

Di Amerika Serikat, biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli produk pembersih rata-rata 600 dollar AS (RP 8 juta) per tahun. Hal ini, telah menjadi target para produsen menciptakan produk pembersih "hijau" meski masih mengandung bahan kimia. Ini disebut greenwashing, menurut Divisi Pertanian University of Arkansas.

Dengan demikian, produk pembersih buatan sendiri lebih murah, sehat dan ramah lingkungan. Berikut adalah beberapa saran ahli untuk membuat pembersih rumah tangga dan penghilang bau:

1. Pembersih serba guna

Campur cuka putih dan air dalam stoples berukuran satu liter dan tambahkan dua tangkai rosemary, 1/2 lemon dan 1/2 jeruk. Diamkan selama satu sampai dua hari.

Setelah itu, gunakan untuk membersihkan permukaan, misalnya meja dapur. Pembersih ini juga bisa menghilangkan bintik-bintik pada karpet.

2. Pembersih jendela

Campurkan 3 sendok makan cuka, 2 gelas air, 1/4 sampai 1/2 sendok teh cairan deterjen. Campur bahan tersebut dalam botol semprot dan kocok.

Campuran ini bisa digunakan untuk jendela terutama saa kotor. Gunakan juga koran yang tidak meninggalkan bekas pada jendela atau cermin.

3. Menghilangkan bau hewan peliharaan

Tuangkan cuka ke dalam mangkuk dan usapkan pada kain atau karpet bekas kucing dan anjing yang bau.

4. Pembersih toilet

Campur 1/4 cangkir baking soda dengan 1 cangkir cuka dan tuangkan ke dalam mangkuk.

Siram ke seluruh bagian toilet dan diamkan selama 1 setengah jam. Gosok dengan sikat dan bilas.

5. Pembersih oven

Ambil 1/4 cangkir baking soda dan 2 sendok makan garam. Campurkan dalam air panas sampai mengental seperti pasta. Biarkan pasta ini selama 5 menit sebelum digunakan.

6. Pembersih kulkas

Ambil 2 sendok makan baking soda, 1 liter air hangat dan larutkan. Sapukan campuran ini dari atas kulkas sampai bawah.

Anda juga dapat membuat campuran pasta dari baking soda dengan sedikit air untuk tempat yang lebih sulit dibersihkan. Di samping itu, sekotak baking soda kecil yang dibuka akan membuat kulkas berbau segar.

7. Pembersih saluran

Tuang 1/4 cangkir baking soda diikuti oleh 1/2 cangkir cuka. Tutup saluran dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, siram saluran dengan 2 liter air mendidih.


EditorHilda B Alexander

Close Ads X