Kompas.com - 13/07/2015, 16:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.om - Banyak persiapan menjelang hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Mulai dari persiapan mudik, solat Ied, dan bersilaturahmi dengan keluarga. Disamping itu, penting juga untuk melindungi rumah dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, misalnya kebakaran.

Berikut beberapa tips penting untuk Ramadhan aman yang membahas masalah-masalah seperti perlindungan dari kebakaran di dapur dan bagian lain dari rumah.

Untuk memastikan keamanan di dapur, Anda dan penghuni rumah lainnya harus menghindari menuangkan air ke panci saat terjadi kasus minyak terbakar. Menuangkan air pada minyak terbakar dapat memperburuk situasi. Dalam kasus tersebut, Anda harus menutupi panci terbakar dengan penutup tebal atau selimut api.

Sementara jika sampah yang terbakar, Anda harus segera menutupinya dengan kain lembab sehingga mencegah penyebaran api dengan merampas oksigen.

Anda juga disarankan untuk memastikan bahwa alat pemadam kebakaran yang baik tersedia di rumah. Alat pemadam ini harus jauh dari jangkauan anak-anak. Anda bisa meletakkannya di dapur atau dekat bahan panas, terbakar atau titik listrik. Selain itu, mereka tidak boleh dibalut dengan kain nilon saat digunakan di dapur untuk memastikan perlindungan dari kebakaran.

Sementara itu, Anda juga harus memastikan tidak ada gas yang bocor. Jika Anda mencium bau gas di dalam rumah, segera buka semua pintu dan jendela dan jangan menyalakan korek api di dekat silinder ketika mencoba untuk menemukan kebocoran.

Anda juga harus menghindari menggunakan kipas angin karena justru dapat berfungsi sebagai "titik menyala" jika ada kebocoran gas. Dengan demikian, alat pemadam kebakaran yang tepat harus ada di rumah Anda. Seluruh penghuni rumah, kecuali anak-anak, harus memahami bagaimana menggunakannya.

Selain itu, perlu juga untuk memeriksa keamanan dan kapasitas kabel listrik. Anda pun disarankan untuk menggunakan konektor LPG aman di dapur, menutup kompor gas setelah digunakan, dan tidak meninggalkan panci atau penggorengan di atas kompor untuk waktu yang lama tanpa pengawasan.

Terakhir, Anda juga dilarang mengaktifkan kipas angin di dapur, serta terus memantau anak-anak Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Gulf Times


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.