Tol Darurat Pejagan-Brebes Timur Belum Laik Fungsi

Kompas.com - 11/07/2015, 15:34 WIB
Kendaraan melintasi ruas Tol Pejagan-Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik H-6 menjelang Lebaran, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1436 H meski kondisi fisik jalan masih kurang baik. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOKendaraan melintasi ruas Tol Pejagan-Brebes, Jawa Tengah, saat arus mudik H-6 menjelang Lebaran, Sabtu (11/7/2015). Tol Pejagan-Brebes dioperasikan untuk mengurangi kemacetan arus mudik Lebaran Idul Fitri 1436 H meski kondisi fisik jalan masih kurang baik.
|
EditorHilda B Alexander

PEJAGAN, KOMPAS.com - Tol Darurat Pejagan-Brebes Timur yang baru saja dibuka pada Sabtu (11/7/2015) pukul 09.00 WIB, dinilai belum laik fungsi.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Benyamin, tol ini belum laik fungsi terlihat dari minimnya sarana dan fasilitas pendukung terutama marka jalan, lampu penerang jalan, pembatas jalan, dan ketersediaan fasilitas penunjang.

"Selain itu, fisik jalan juga masih belum mulus dan penuh debu untuk dilalui kendaraan. Sehingga kecepatan kendaraan dibatasi hanya 30 km-40 km per jam," tutur Benyamin kepada Kompas.com.

Jika kecepatan melebihi 50 km per jam, jalan tol akan dipenuhi debu dan jarak pandang menjadi terbatas. Kondisi ini sangat membahayakan pengendara lainnya.

Terbukti, sehari usia jalan ini beroperasi sudah terjadi kecelakaan ringan mobil keluarga menabrak sebuah sedan.

24 jam

Guna mendukung kelancaran arus mudik, Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah mengerahkan 150 personil yang terbagi dalam lima pos besar di sepanjang tol, lima lampu penerang jalan, dan lima mobil patroli jalan raya.

"Mereka ditempatkan di pos-pos tersebut selama 24 jam dengan dua pergantian waktu," tambah Benyamin.

Karena bersifat darurat, Tol Pejagan-Brebes Timur akan dioperasikan sampai tanggal 16 Juni 2015 pukul 18.00 WIB.

Setelah itu, arus kendaraan akan kembali dialihkan ke jalur non-tol, Pejagan dan Brebes.

Berikut video perjalanan Tim Kompas.com menyusuri Jalan Tol Darurat Pejagan-Brebes Timur:

Kompas Video Mudik Menyusuri Tol Darurat Pejagan - Brebes

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X