Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Membagi Rencana Berlibur di Media Sosial

Kompas.com - 28/06/2015, 13:23 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Bertepatan dengan libur sekolah dan menjelang hari raya Idul Fitri, aktivitas mudik atau pulang kampung menjadi satu hal yang tak terhindarkan. Bagi yang tidak mudik, banyak yang merencakan untuk berlibur.

Sebelum meninggalkan rumah saat mudik atau berlibur, berikut beberapa hal perlu Anda perhatikan yang Kompas.com kutip dari azcentral.com. Salah satu yang menarik adalah jangan membagi rencana berlibur Anda di media sosial karena akan mengundang aksi kejahatan.

1. Beritahu penjaga rumah

Jika Anda memiliki pembantu atau penjaga rumah, beritahu mereka jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan. Penting juga untuk menitipkan rumah pada satpam yang ada di kompleks perumahan atau polisi terdekat.

2. Menahan layanan pos atau langganan koran

Tanyakan kepada layanan pos atau pengantar koran langganan, bisakah mereka menahan pengantaran selama Anda pergi. Tentu Anda tidak ingin saat pulang, menemukan surat-surat atau koran bekas di depan pintu rumah.

3. Bersihkan mobil

Jika Anda tidak menggunakan mobil saat berlibur, pastikan Anda tidak meninggalkan barang atau dokumen berharga di dalam mobil. Pencuri bisa melihat hal-hal tersebut di dalam mobil. Pasang alarm mobil sebelum Anda meninggalkannya dan beritahu satpam perumahan.

4. Beli lampu atau dimmer

Lampu otomatis yang hidup dan padam selama beberapa jam sehari atau saat malam bisa menangkal pencuri. Lampu ini juga murah dan mudah untuk diinstal. Pastikan tirai tertutup dan semua jendela terkunci.

5. Ambil kunci tersembunyi

Biasanya, beberapa orang meninggalkan kunci tersembunyi di batu depan atau di atas kusen pintu. Saat berlibur, ambil dan simpan kunci cadangan ini.

6. Jangan membagi rencana berlibur di media sosial

Polisi melaporkan bahwa penjahat saat ini sering melacak perkembangan media sosial tentang wisata dan membobol rumah selama penghuninya berlibur.

7. Lepas seluruh sambungan listrik

Liburan adalah waktu yang tepat untuk berjalan-jalan dan membiarkan barang-barang elektronik Anda "beristirahat". Kabel televisi, komputer, pembuat kopi, dan pemanggang roti dapat dicabut saat Anda pergi.

8. Bersihkan kulkas

Membersihkan kulkas penting sebelum Anda berangkat, khususnya dari makanan atau minuman yang sudah lama berada di dalamnya. Hal ini mencegah makanan atau minuman tersebut membusuk di kulkas saat Anda meninggalkannya.

Meski begitu, tinggalkan beberapa botol air di dalam lemari es supaya kulkas tidak terlalu kosong. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com