Kompas.com - 28/06/2015, 13:23 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Bertepatan dengan libur sekolah dan menjelang hari raya Idul Fitri, aktivitas mudik atau pulang kampung menjadi satu hal yang tak terhindarkan. Bagi yang tidak mudik, banyak yang merencakan untuk berlibur.

Sebelum meninggalkan rumah saat mudik atau berlibur, berikut beberapa hal perlu Anda perhatikan yang Kompas.com kutip dari azcentral.com. Salah satu yang menarik adalah jangan membagi rencana berlibur Anda di media sosial karena akan mengundang aksi kejahatan.

1. Beritahu penjaga rumah

Jika Anda memiliki pembantu atau penjaga rumah, beritahu mereka jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan. Penting juga untuk menitipkan rumah pada satpam yang ada di kompleks perumahan atau polisi terdekat.

2. Menahan layanan pos atau langganan koran

Tanyakan kepada layanan pos atau pengantar koran langganan, bisakah mereka menahan pengantaran selama Anda pergi. Tentu Anda tidak ingin saat pulang, menemukan surat-surat atau koran bekas di depan pintu rumah.

3. Bersihkan mobil

Jika Anda tidak menggunakan mobil saat berlibur, pastikan Anda tidak meninggalkan barang atau dokumen berharga di dalam mobil. Pencuri bisa melihat hal-hal tersebut di dalam mobil. Pasang alarm mobil sebelum Anda meninggalkannya dan beritahu satpam perumahan.

4. Beli lampu atau dimmer

Lampu otomatis yang hidup dan padam selama beberapa jam sehari atau saat malam bisa menangkal pencuri. Lampu ini juga murah dan mudah untuk diinstal. Pastikan tirai tertutup dan semua jendela terkunci.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.