Rumah Unik Buatan Pengrajin Keramik

Kompas.com - 02/06/2015, 15:25 WIB
Bangunan tersebut dirancang untuk membangkitkan tradisi gereja di daerah tersebut, yaitu Essex, Inggris. Bangunan tunggal ini terlihat menonjol di antara pohon-pohon di lahan sekitarnya. Jack Jobhouse/TelegraphBangunan tersebut dirancang untuk membangkitkan tradisi gereja di daerah tersebut, yaitu Essex, Inggris. Bangunan tunggal ini terlihat menonjol di antara pohon-pohon di lahan sekitarnya.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Artis pembuat keramik terkenal, Greyson Perry resmi memiliki rumah idaman yang bertajuk House of Essex. Bangunan tersebut dirancang membangkitkan tradisi gereja di daerah tersebut, yaitu Essex, Inggris. Bangunan tunggal ini terlihat kontras di antara pohon-pohon di lahan sekitarnya.

Rumah tersebut tidak meniru penampilan atau bahan bangunan yang ada di desa setempat, Wrabness. Sebaliknya, desainnya unik dengan bahan dan bentuk yang berkaitan dengan situs tersebut. Misalnya, ubin buatan tangan senada dengan rerumputan di luar, sementara bentuk atap bernada rumah-rumah pertanian. Hampir seluruhnya dibuat melibatkan keramik.

Jack Jobhouse/Telegraph Bentuk atap bernada rumah-rumah pertanian.

Bentuk rumah solid dan seperti gudang. Rangkaian sederhana dari bentuk rumah meningkatkan skala mulai dari pintu masuk sampai ruang utama. Setiap ruang tersebut memiliki volume yang berbeda.

Jack Jobhouse/Telegraph Pengunjung yang masuk rumah dari selatan melalui serangkaian ruang yang semakin formal, puncaknya ada pada ruang tamu dengan ketinggan ganda dan dilapisi oleh panel kayu dekoratif.

Bangunan ini dibuat mengikuti kontur bukit. Oleh karena itu, rumah ini menyajikan dua wajah berbeda, yaitu rumah sederhana dengan skala teras pintu masuk ke selatan dan rumah yang lebih formal karena terlihat meningkat ke utara.

Pengunjung yang masuk rumah dari selatan atau dari belakang melalui serangkaian ruang yang puncaknya ada pada ruang tamu dengan ketinggian ganda dan dilapisi oleh panel kayu dekoratif. Selain itu, ruang tamu ini juga dilengkapi dengan permadani Grayson Perry berwarna cerah. Di lantai atas terdapat dua kamar tidur yang memiliki pemandangan lanskap ke timur dan barat.

Loncatan dari volume ruang menciptakan serangkaian ruang yang terkesan saling mendorong satu sama lain. Lantai kamar tidur pertama, misalnya, juga memiliki balkon yang terlihat ke dalam ruang ruang tamu. Sementara kamar mandinya terletak seperti lorong.

Interior rumah berisi sejumlah karya seni khusus yang disiapkan oleh Grayson Perry termasuk permadani indah, pot, kayu dekoratif dan lantai mosaik. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X