Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Berhenti Bikin Sensasi, Dubai Berencana Bangun Stadion Bawah Laut

Kompas.com - 04/05/2015, 18:49 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Apa yang tidak bisa dibangun di Dubai? Mulai dari pencakar langit  terjangkung di dunia, dunia fantasi bawah laut, hingga vila apung tersedia di kota terbesar kedua Uni Emirat Arab ini.

Terbaru adalah proposal proyek stadion tenis bawah air (underwater stadium). Firma arsitektur yang berbasis di Polandia, Krzysztof Kotala dari 8 + 8 Concept Studio, menawarkan gagasan "gila" ini.

Menurut mereka, investasi stadion bawah laut ini akan membawa keuntungan ekonomi di sketor konstruksi. Proyek ini juga diprediksi bakal mendatangkan keuntungan sektor pariwisata.

Selain Uni Emirat Arab, Krzysztof Kotala merekomendasikan pengembangan stadion unik ini di Qatar, dan Jepang. Kedua negara ini bisa menjadi lokasi ideal karena sama-sama menjadi tuan rumah penyelenggaraan olahraga akbar dunia.

Kotala Penampakan stadion tenis bawah laut karya Kotala dari 8 8 Concept Studio.
Dubai, seperti kita ketahui merupakan host World Expo 2020 yang diharapkan dapat menarik 25 juta wisatawan. Sementara Qatar menjadi rumah bagi perhelatan Piala Dunia FIFA 2022, dan Jepang menyelenggarakan Olimpiade 2020.

Krzysztof mengatakan kompleks tenis bawah air adalah sebuah pendekatan inovatif untuk fasilitas olahraga. Kompleks ini terdiri atas tujuh arena yang berfungsi sebagai fasilitas olahraga, rekreasi dan juga pusat pameran.

"Arena bawah air ini cocok dan ramah lingkungan karena menyerupai terumbu karang di Dubai. Teknologi modern dan bahan material hijau seperti semen nano, dan kaca karbon dapat digunakan untuk konstruksi strukturnya," jelas Krzysztof.

Membangun stadion luar biasa ini tentu butuh dana tak sedikit. Menurut perhitungan Krzysztof, kisaran biayanya bisa mencapai miliaran dollar AS, dengan tenor pembangunan lima tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com