Kompas.com - 13/04/2015, 19:18 WIB
Perumahan Perusahaan Sosial Johannesburg (Joshco) menawarkan perumahan sewa yang terjangkau untuk individu produktif antara 3.500 rand (Rp 3.8 juta) hingga 7.000 rand (Rp 7.5 juta) per bulan. http://informalcity.co.za/Perumahan Perusahaan Sosial Johannesburg (Joshco) menawarkan perumahan sewa yang terjangkau untuk individu produktif antara 3.500 rand (Rp 3.8 juta) hingga 7.000 rand (Rp 7.5 juta) per bulan.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Pasar rumah murah di Afrika Selatan yang selama ini banyak dihindari oleh pengembang, mulai dilirik.

Beragam kegiatan investasi untuk segmen pasar properti yang kuat, dan besarnya permintaan untuk perumahan terjangkau mulai membuat bisnis properti menarik. Bahkan, pasar perumahan murah menunjukkan fundamental properti yang lebih baik pada tahun 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Angka dari bank FNB mendukung hal tersebut, bahwa pada tahun 2014, indeks harga rumah tua di kota-kota naik menjadi 9,5 persen dari 2013 yang hanya 6,5 persen. Permintaan melonjak 6,8 persen di kota metropolitan utama macam Cape Town, Johannesburg, Tshwane, Nelson Mandela Bay dan eThekwini.

Kepala Sektor Kredit Rumah Tangga dan Properti FNB, John Loos, mengatakan meski naik, properti tua di kota harganya masih terjangkau.

Perumahan sewa murah

Tidak hanya nilai yang penting bagi pasar ini, tetapi juga keterjangkauan. Pengembang mulai menawarkan solusi perumahan yang unik. Salah satunya adalah Perusahaan Perumahan Sosial Johannesburg (Joshco) yang menawarkan perumahan sewa murah untuk individu produktif antara 3.500 rand (Rp 3.8 juta) hingga 7.000 rand (Rp 7.5 juta) per bulan.

Target Joshco adalah individu yang tidak memenuhi syarat di level menengah ke bawah. Salah satu pengendali Joshco, Rory Gallocher, mengatakan selama ini pasar properti tidak menghasilkan solusi perumahan bagi orang-orang tersebut.

"Sekitar 20 persen sampai 30 persen masyarakat berpenghasilan rendah kurang dari 3.500 rand (Rp 3,8 juta). Angka ini sangat rendah di pasar Afrika Selatan. Banyak orang (yang mengajukan permohonan apartemen Joshco) memperoleh hunian dengan menjual barang-barang dan atau usaha kecil. Mereka tidak perlu menunjukkan slip gaji," jelas Gallocher.

Solusi perumahan

Harga sewa apartemennya bervariasi, mulai dari 840 rand (Rp 901.883) sampai 3.500 rand (Rp 3,8 juta) per bulan untuk unit satu sampai dua kamar tidur dengan dapur, dan kamar mandi.

Halaman:


Sumber Moneyweb
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.