Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Tersedia Mesin Cuci Khusus Kain Batik

Kompas.com - 10/04/2015, 19:00 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kain batik kerap kali menimbulkan masalah saat dicuci. Motif dan tekstur batik yang berbeda dengan kain kebanyakan akan rusak bila tidak mendapatkan perawatan khusus, seperti kuantitas air yang digunakan serta kesesuaian waktu dan suhu pencucian.
 
Atas dasar tersebut, Dongbu Daewoo Electronics meluncurkan mesin cuci yang mampu meminimalisasi kerusakan pada kain batik saat dicuci. Presiden Asia Tenggara dan Oceania Dongbu Daewoo Electronics, Hogan Hee-Hong Park menjelaskan mesin cuci Batik Care memiliki kepekaan khusus yang membantu masyarakat dalam pencucian kain batik.
 
"Ada satu tombol yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pencucian kain batik. Nantinya tombol ini akan mengatur kecepatan motor, suhu, air, dan waktu pencucian," ujar Hee-Hong kepada Kompas.com, saat peluncuran Smart Home Appliances Dongbu Daewoo Electronics di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (10/4/2015).
 
Dengan patokan harga sekitar Rp 7 juta, Hee-Hong mengklaim produk Batik Care lebih unggul dibanding mesin cuci lainnya, karena ada fitur pencucian khusus batik. Meski begitu, mesin cuci ini juga bisa digunakan untuk pencucian berbagai jenis pakaian lainnya.

"Adanya kesadaran dan daya saing merek untuk memenuhi selera lokal konsumen membuat kami harus melakukan diferensiasi produk khas Indonesia. Perusahaan kami tidak hanya ingin dikenal di pasar global, namun juga perusahaan lokal yang menyediakan pertumbuhan ekonomi regional," lanjut Hee-Hong.

 
Hee-Hong juga menjelaskan, Indonesia merupakan pasar yang cukup potensial untuk dijajaki, seiring Korean Wave yang melanda dan sedang digandrungi di Indonesia.
 
"Pasar Indonesia untuk perlengkapan rumah asal negara kami cukup potensial. Hal ini melihat pertumbuhan ekonomi lebih dari 5 persen, besarnya kuantitas rumah tangga, berkembangnya bisnis ritel, serta tren Korea yang sedang digandrungi," tandas Hee-Hong.
 
Sales & Marketing Director of Dongbu Daewoo Electronics, Haryono Simon menambahkan, produk mesin cuci ini akan dipasarkan dengan target masyarakat menengah ke atas, dengan fokus ekspansi Pulau Jawa dan Bali pada tahun 2015 ini.
 
"Kami menargetkan menyasar masyarakat menengah ke atas di Jawa-Bali. Ada pun target penjualannya sendiri akan kami sesuaikan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia, yaitu lebih dari 5 persen," papar Simon.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com