Kompas.com - 09/04/2015, 13:27 WIB
Koleksi baru keran air dari Brizo, Storia. Desainnya terinspirasi bentuk pesawat terbang. Arimbi Ramadhiani/KOMPAS.comKoleksi baru keran air dari Brizo, Storia. Desainnya terinspirasi bentuk pesawat terbang.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang membutuhkan air untuk mandi dan membersihkan tubuh. Air yang bersih tentu saja hal paling utama, namun seiring berjalannya waktu, banyaknya penggunaan air juga memengaruhi pengalaman hidup seseorang. Semakin banyak air yang digunakan, sensasi segar setelah mandi menjadi semakin terasa.

Namun banyak orang tidak menyadari, pemakaian yang berlebihan berdampak pada pasokan air di waktu mendatang. General Manager Delta Faucet Company Asia Pasific, David Naber, mencari solusi yang tepat supaya konsumennya tidak menggunakan air terlalu banyak. "Kami memanfaatkan H20 Technology untuk menciptakan produk terbaru, Brizo. Teknologi ini mengurangi banyaknya air yang mengalir tanpa disadari pengguna," ujar David kepada Kompas.com, Rabu (8/4/2015).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teknologi ini, lanjut David, memungkinkan pengguna tetap merasakan pengalaman yang menyenangkan saat mandi. Pengguna akan merasa air yang mengalir cukup banyak walaupun sebenarnya tidak sebanyak yang dibayangkan. Caranya, David memodifikasi besarnya tetesan air yang mengalir dari kepala shower. Besaran tetesan air berbeda-beda pada tiap produknya. Namun, David mengklaim konsumsi penghematan air bisa mencapai 30 persen.

"Pengguna tidak ingin pengalaman mandinya berkurang dengan aliran air yang sedikit. Teknologi ini membantu memberikan kenyamanan sekaligus mengurangi pemakaian air," jelas David.

Selain itu, produk Brizo juga mengantongi sertifikat Environmental Protection Agency (EPA) WaterSense 2013. Program ini bertujuan untuk melindungi pasokan air di Amerika Serikat pada masa yang akan datang. Sertifikasi WaterSense diberikan atas kriteria utama EPA yaitu aliran air 1,5 galon per menit untuk keran dan 2,0 galon per menit untuk pancuran mandi.

Produk berlabel WaterSense sendiri bisa mengurangi pemakaian 20 persen air. Salah satu produk Delta Faucet yang dilabeli WaterSense adalah Sotria. Produk ini mengusung desain ekor pesawat terbang berbentuk segitiga pada moncongnya. Keran ini dirancang khusus untuk dipasang di kamar mandi dengan varian empat pilihan yaitu Polished Chrome, Brilliance Luxe Nickel, Polished Nickel, dan Matte Black.

Sotria diluncurkan perdana di Amerika Serikat pada November 2014. Harganya dibanderol sekitar 400 dollar AS atau Rp 5,2 juta per unit. Meski cukup mahal, ia yakin produknya mampu bersaing di kelasnya. Selain WaterSense, Sotria dilengkapi teknologi H2O Technology yaitu sistem pengontrol dinamika aliran, tekanan, dan suhu air. Teknologi ini juga mempermudah pengguna mengaktifkan keran hanya melalui sentuhan di beberapa bagian tubuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.