Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Properti Lesu, Pengembang Berlomba Diskon Harga Rumah

Kompas.com - 04/04/2015, 14:00 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah jenuhnya pasar properti di Indonesia, para pengembang memilih mengatur strategi penjualan yang dapat menarik minat pembeli ketimbang harus berhenti berproduksi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pada sebuah pameran properti yang berlangsung di FX Sudirman, Jakarta, hingga hari ini, Sabtu (4/4/2015), para pelaku bisnis properti ini mencoba memangkas harga properti hunian, memberikan diskon, kemudahan cicilan, serta hadiah-hadiah menarik lainnya demi mendapatkan antusias pembeli.

Tengok saja PT Jaya Real Property Tbk yang memberikan potongan harga hunian di klaster Kebayoran Residence dan Discovery Alumina, Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, hingga Rp 50 juta.

"Selama pameran kami memberikan promo menarik bagi pembeli. Kami juga memberikan diskon sebesar 5 persen dan kemudahan cicilan uang muka sebesar 40 persen hingga 24 kali," ujar Manajer Promosi dan Riset Pengembangan Produk PT Jaya Real Property Tbk., Prabantoko Kusumoanggo kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (2/4/2015).

Selain klaster Kebayoran Residences dan Discovery Alumina, Jaya Real juga memberikan diskon 5 persen dan kemudahan cicilan uang muka sebesar 40 persen hingga 24 kali, untuk klaster The Spring yang berada di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Tak hanya itu, mereka juga memberikan hadiah mobil Honda HR-V yang akan diundi saat peluncuran klaster premium terbarunya, Fortune Essence.

Bukan cuma Jaya Real, PT Pancanaka Swasakti Utama yang merilis apartemen LA City di Lenteng Agung, Jakarta Selatan juga memberikan potongan harga. Apartemen LA City yang dipasarkan pada pameran kali ini diberikan potongan harga mencapai Rp 110 juta.

SMR Group yang mengembangkan Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, juga tak mau ketinggalan. Pada pameran kali ini, mereka menawarkan klaster Amarilis, Taman Anyelir 3, dan ruko Verbena dengan promosi bebas biaya pengurusan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Hal yang sama dilakukan oleh PT PP Properti yang mengembangkan Barclay Tower di kawasan Grand Kamala Lagoon, Pekayon, Bekasi Barat. Para calon konsumen yang membeli unit apartemen pada menara setinggi 41 lantai tersebut diiming-imingi bebas uang muka dan bunga KPR. Selain itu, uang muka pun dapat dikredit hingga 24 kali.

Sementara PT Cahaya Subur Lestari (BSA Land) memberikan kemudahan keringanan uang muka sebesar 20 persen serta pembebasan biaya lain-lain pada properti Serpong Lagoon, Tangerang Selatan, Banten. BSA Land juga memberikan hadiah 3 unit penyejuk ruangan selama pameran berlangsung.

Pengembang The Royal Villas yang berada dalam perumahan The Royal Residence, Jakarta Timur memberikan bonus Iphone 6, Televisi LED, dan 2 penyejuk ruangan kepada pembeli selama pameran berlangsung.

Demikian halnya dengan Metland Menteng yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur. PT Metropolitan Land Tbk yang membesut proyek ini memberikan bonus yang cukup berbeda pada pameran kali ini. Pembeli properti seharga Rp 1,1 miliar akan dihadiahi hadiah kanopi, tiga penyejuk ruangan, serta lucky dip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com