Kompas.com - 01/04/2015, 22:52 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari hunian di wilayah Jakarta dengan harga terjangkau ibarat mencari jarum di tumpukan jerami. Jika harga rumah di pinggiran Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi saja sudah menembus Rp 500 juta hingga Rp 2 miliar per unit, bagaimana pula dengan di Jakarta?
 
Itu belum ditambah hitung-hitungan ongkos transportasi karena kenaikan harga bensin. Ujung-ujungnya, biaya hidup di wilayah pinggiran bisa jadi jauh lebih mahal ketimbang di wilayah Jakarta sendiri.

Atas dasar itulah, PT Ciputra Residences memasarkan klaster Tectona, hunian mungil dengan harga kompetitif di kawasan Citra Indah, Bogor, Jawa Barat. Unit tipikal yang ditawarkan dengan luas bangunan 22 meter persegi tersebut dibanderol mulai Rp 137 juta.
 
Marketing Executive Citra Indah, Aryanto menjelaskan hunian yang dipasarkan sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat urban yang baru membeli rumah pertama dengan rentang usia 25 tahun hingga 35 tahun.
 
"Kami mencoba menyediakan rumah sederhana bagi masyarakat dengan usia produktif. Pendapatan mereka biasanya masuk dengan harga jual hunian ini. Penghasilan mereka kan rerata Rp 3,5 juta-Rp 4 juta per bulan," ujar Aryanto kepada Kompas.com, Rabu (1/4/2015).
 
Selain itu, klaster ini juga ditujukan untuk mendukung program rumah murah yang dicanangkan untuk mengurangi angka kebutuhan rumah (backlog).
 
"Kami berusaha untuk mendukung program pemerintah dengan membangun rumah tipe sederhana. Peminat rumah tipe ini juga lebih banyak jika dibandingkan hunian untuk pasar menengah dan atas," lanjut Aryanto. 
 
Klaster Tectona ditawarkan dalam berbagai tipe mulai dari 22/72, 22/90, 36/72, 36/78, 36/90, 36/108, dan 38/120, dengan jumlah rumah 200 unit. 
 
Fasilitas yang disediakan di dalam kawasan Citra Indah juga cukup lengkap dengan adanya sekolah, SPBU, sarana olahraga, serta wahana air. Fasilitas penunjang lain seperti rumah sakit juga tersedia di sekitar Citra Indah.
 
"Rencananya tahun 2015 ini kami membangun empat hingga lima klaster dengan harga murah," tandas Aryanto.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.