Kompas.com - 27/03/2015, 09:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyedia solusi hemat energi kini hadir di Indonesia. Pada tahun pertama kehadirannya, Enovatek Energy meluncurkan empat produk unggulan, yaitu lampu penerangan hemat energi, sistem monitor energi, cat pemantul panas sinar matahari, dan solusi papan iklan hemat energi.

Marketing and Sales Senior Manager Enovatek Energy Pte Ltd, Richard Leong mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang sempurna untuk dikembangkan solusi hemat energi bagi industri dan bisnis.

"Indonesia sangat potensial dalam pemakaian energi. Dengan banyaknya gedung-gedung tinggi, tentu pemakaian energi juga besar," ujar Leong kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu di Jakarta Convention Center.

Konsumsi listrik yang besar ini, kata Leong, disebabkan karena tingginya suhu udara sehingga harus menggunakan pendingin udara. Selain pendingin udara, konsumsi besar listrik juga diakibatkan dari pemakaian lampu.

Enovatek menyediakan solusi untuk mengurangi pemakaian energi tersebut, mulai dari lampu hingga cat dinding.

Leong menyebutkan, saat memasang sistem ini di dalam gedung, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengganti lampu. Sebelumnya, ia memperhitungkan lebih dulu berapa banyak konsumsi dan jenis lampu di keseluruhan ruangan dalam gedung.

Produk lampu Enovatek antara lain rotatory lighting, flood light, down light, dan PL light. Rotatory lighting dan flood light bisa bertahan lebih dari 20.000 jam, sementara down light dan PL light bertahan lebih dari 50.000 jam.

Penggantian lampu bisa menghemat energi sebesar 20 persen. Sementara mengganti cat dengan produk keluaran Enovatek, bisa mengurangi konsumsi energi sebesar 6-7 persen.

Sebelum mengganti cat, Leong memperhitungkan cahaya yang masuk di dalam suatu ruangan. Semakin kecil cahaya yang masuk, maka semakin besar daya pantul cat yang dihasilkan supaya ruangan lebih terang.

Enovatek didirikan pada 2009 di Singapura. Di negara kota ini, Enovatek bekerja pada berbagai proyek hotel sampai bangunan ritel, antara lain IKEA Singapura, High Street Plaza Singapore, Singapore International Airlines Hpuse, dan Shankars Emporium.

Di Thailand dan Malaysia, produk Enovatek dipakai di Rembrandt Hotel Bangkok, Grand Millennium Hotel Bangkok dan Northport Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.