Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Taman, Jangan Lupa Jalan Setapaknya!

Kompas.com - 15/03/2015, 07:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Houzz.com
KOMPAS.com - Jalan setapak bisa mengundang siapa pun untuk menyusuri taman hingga di belakang rumah Anda. Setapak yang didesain baik, dapat menjadikan taman Anda lebih indah sebagai tempat melepaskan penat setelah seminggu bekerja.

Berikut rangkuman ide jenis-jenis setapak yang bisa diaplikasikan di rumah.

pinterest.com Setapak kayu.
1. Setapak dinding batu

Tembok rendah dari batu bisa membentuk setapak di taman. Tumbuhkan tanaman-tanaman di sepanjang setapak dengan tingkatan yang lebih tinggi dari jalan setapak.

2. Setapak kayu

Potongan kayu bisa ditempatkan di atas jalan berkerikil. Panjang potongan kayu ini bisa disesuaikan dengan lebarnya setapak.

houzz.com Setapak rumput
3. Setapak batu kali

Selain kerikil, Anda bisa memanfaatkan batu kali. Ciptakan sebuah aliran berkelok-kelok menggunakan batu kali supaya mengundang orang lain untuk mengeksplorasi taman.

houzz.com Setapak batu
4. Jalur mata burung

Ingin memiliki pemandangan yang cantik dari atas balkon? Rancanglah jalur dengan menciptakan pola melingkar dan sebuah titik pusat di tengahnya.

5. Setapak rumput

Menumbuhkan rumput sebagai setapak juga bisa menjadi alternatif. Anda bisa menggunakan rumput jepang yang aman jika diinjak dengan kaki telanjang.

6. Setapak lempengan batu

Lempengan batu besar bisa menciptakan kesan yang mencolok dan mengundang siapapun untuk melangkah di atasnya. Lempengan ini bisa diterapkan pada tanah yang datar maupun tanah menanjak sehingga menjadi tangga yang unik.

7. Setapak taman Jepang

Anda bisa menciptakan taman bernuansa Jepang dengan meletakkan potongan kayu yang dibentuk melengkung seperti jembatan. Di bawahnya, hamparkan batu-batu kali yang mengesankan seperti air mengalir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz.com

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com