Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Infrastruktur Sambut Konferensi Asia Afrika Dilakukan Tanpa Lelang

Kompas.com - 02/03/2015, 18:00 WIB
Dimas Jarot Bayu

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pembangunan infrastruktur Kota Bandung yang rencananya akan dimulai pada Senin (9/2/2015) mendatang demi menyambut Konferensi Asia Afrika ke-60 dilakukan tanpa melalui mekanisme lelang.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan, pembangunan infrastruktur kota akan langsung menunjuk pelaksana proyek dengan didampingi Lembaga Pemantau Kebijakan Publik (LPKP) serta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Selain itu, Pemerintah Kota Bandung juga akan berkonsultasi dengan kejaksaan mengenai calon pelaksana proyek.

"Kami akan menunjuk langsung pelaksana proyek pembangunan infrastruktur didampingi LPKP dan BPKP. Kami sudah dapat restu dari Presiden terkait penunjukan langsung ini," ujar pria yang akrab disapa Emil ini, di Balai Kota Bandung, Senin (2/3/2015).

Penunjukan langsung tersebut ditempuh untuk mengejar target. Pembangunan infrastruktur harus selesai saat peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) berlangsung. Pengerjaannya akan direalisasikan mulai Senin mendatang hingga 24 April 2015.

"Waktunya sudah mepet, kita harus mulai perbaikan dari Senin mendatang sampai saat acara KAA berlangsung," tandas Emil.

Untuk peringatan KAA sendiri, Pemerintah Kota Bandung telah menganggarkan Rp 70 miliar, termasuk alokasi untuk perbaikan infrastruktur. Anggaran tersebut berasal dari lima sumber dana.

"Sumber dana berasal dari APBD Kota Bandung, APBD Provinsi Jawa Barat, APBN, APBN acara (Kementerian Luar Negeri), dan dana hibah. Pemkot sendiri menganggarkan Rp 70 miliar," lanjut Emil.

Pembangunan infrastruktur meliputi perbaikan dan penanganan trotoar dari Jalan Tamblong hingga Jalan Cilaki, perbaikan Jalan Cikapundung Timur, Jalan Naripan, Jalan Braga, dan renovasi Masjid Agung Bandung.

Selain itu, ada pula pembangunan dua jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Asia Afrika, pembangunan empat monumen, tiga media center, dua air mancur baru, penanaman pot bunga raksasa, serta pengecatan ulang bangunan kumuh di wilayah Braga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com