Kompas.com - 23/02/2015, 20:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Utama Perum Perumnas, Himawan Arief Sugoto mengatakan rumah susun sederhana milik (rusunami) yang dikembangkan di Tanjung Barat, Jakarta Selatan akan dibanderol dengan harga di bawah Rp 200 juta.

“Harganya Rp 9 juta per meter. Jadi, kalau tipe 21 itu berarti Rp 180 juta-an,” kata Himawan saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/2/2015).

Himawan menjelaskan, nantinya rusun yang rencananya dibangun dua menara dengan total hunian 500 unit tersebut akan dimaksimalkan untuk masyarakat berpendapatan rendah (MBR). Meski seluruh unit untuk kalangan MBR, Perum Perumnas tetap akan memberikan komposisi untuk bangunan komersial.

“Target marketnya diharapkan untuk karyawan BUMN atau karyawan KAI, atau masyarakat PNS, atau masyarakat yang dianggap menengah bawah,” imbuh Himawan.

Sementara itu, guna memastikan rusunami tidak dibeli sebagai instrumen investasi, Himawan mengatakan calon pembeli rusunami terlebih dahulu akan diverifikasi oleh bank penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Untuk diketahui, rusunami Tanjung Barat akan berdiri di lahan milik PT KAI (Persero), namun Hak Peruntukan Lahan (HPL) masih di tangan Kementerian Perhubungan. Himawan berharap peralihan HPL bisa dilakukan segera, dan Perumnas bisa membangun dengan status Hak Guna Bangunan minimal 25 tahun.

“Akhir kuartal kedua, kalau lancar, kita harapkan sudah konstruksi,” pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.