Mengapa Orang Kreatif Kamarnya Berantakan?

Kompas.com - 18/02/2015, 20:00 WIB
Minta anak Anda untuk membuat gambar dan tawarkan mereka lem, gunting, dan cat. Anda pun akan mendapatkan ciptaan yang unik beserta kekacauan yang sangat besar. Torie JayneMinta anak Anda untuk membuat gambar dan tawarkan mereka lem, gunting, dan cat. Anda pun akan mendapatkan ciptaan yang unik beserta kekacauan yang sangat besar.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Ada banyak industri yang dibangun untuk membantu orang-orang mengorganisasi perabotan rumahnya.

Meski begitu, tetap saja masih ada rumah yang berantakan hanya karena sang penghuni terlalu sibuk menjadi kreatif, melompat dari satu ide ke ide lainnya dan tidak memiliki waktu untuk membersihkan coretan-coretannya, misalnya.

Sebuah studi dari University of Minnesota menunjukkan bahwa rumah atau kamar berantakan sebenarnya disebabkan pemikiran yang lebih kreatif.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa lingkungan berantakan menunjukkan bahwa orang ingin melawan arus dan menggunakan pikiran mereka untuk ide-ide baru yang tidak biasa.

Tentu semua orang ingin menjadi kreatif. Namun, masih diragukan apakah dengan membuat ruangan berantakan dengan sengaja, maka berarti Anda adalah orang yang kreatif.

Namun, setidaknya ada penjelasan mengapa orang meja kantor terlihat seperti ladang ranjau, tetapi tetap bisa berhasil meraih jabatan strategis.

Kreativitas bersembunyi di balik kekacauan

Apakah Anda pernah menonton film A Beautiful Mind? Film ini menceritakan tentang seorang pria jenius mutlak tetapi menderita penyakit skizofrenia. Dia mencurahkan sebagian besar hidupnya untuk memecahkan kode enskripsi dan menulis persamaan matematika pada papan tulis, dikelilingi oleh tumpukan buku dan kertas yang berantakan.

Pada dasarnya, orang ini tampaknya bisa meletakkan peralatannya di seluruh tempat, tetapi pikiran kreatifnya seakan tidak mengizinkan ia untuk meluangkan waktu membereskannya.

Meski begitu, secara bertolak belakang, kita mengenal istilah "kebersihan sebagian dari iman". Jadi pribadi yang manakah Anda?

Halaman:


Sumber fresh home
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X