Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mainan Anak Pun Bisa Dibersihkan dengan Mesin Pencuci Piring

Kompas.com - 06/02/2015, 16:02 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Seperti namanya, mesin pencuci piring (dishwasher) biasa digunakan untuk mencuci peralatan makan seperti sendok, cangkir, dan piring.

Namun, ternyata, kegunaan dishwasher tak hanya itu. Mesin ini juga bisa membersihkan barang-barang dan peralatan lainnya.

Berikut daftar barang-barang tersebut.

1. Tempat sikat gigi

Barang ini merupakan yang terkotor dari seluruh barang di rumah. Rata-rata, tempat sikat gigi menyimpan lebih dari dua juta sel bakteria. Jika tempat sikat gigi Anda terbuat dari baja tahan karat atau dari plastik, maka Anda bisa meletakkannya di mesin cuci piring.

Lakukan paling tidak satu atau dua kali dalam satu minggu. Sebelum mencuci dengan mesin cuci piring, pastikan sikat gigi Anda tidak ikut di dalamnya karena justru akan merusak sikat gigi itu sendiri.

2. Topi olahraga yang penuh keringat

Jika Anda merupakan seorang penggiat olahraga, pasti sering memakai topi. Tidak jarang, setelah berolahraga, Anda meletakkan topi ini bersama dengan pakaian olahraga di mesin cuci khusus pakaian.

Perlu Anda ketahui, pergolakan yang terjadi di dalam mesin ketika memproses pencucian, bisa merusak pinggiran topi.

Oleh sebab itu, pakailah mesin pencuci piring untuk membersihkan topi Anda. Untuk deterjen, Anda bisa memakai sabun cuci biasa, asalkan tidak mengandung pemutih.

3. Mainan anak

Anak-anak biasanya mencintai satu mainan dan tumbuh berkembang bersama mainan ini. Meski begitu, penelitian menyebutkan bahwa bakteri bisa hidup di dalam mainan dari plastik, misalnya pada permainan memasak atau truk mainan.

Mainan-mainan berukuran kecil, bisa dimasukkan ke dalam mesin pencuci piring. Namun, Anda harus memastikan bagian-bagian kecil dari mainan tersebut sudah dipisahkan terlebih dahulu, supaya tidak hilang saat proses pencucian.

4. Pelembab ruangan

Seperti diketahui, memompa udara lembab ke kamar tidur dapat membantu Anda terhindar dari kulit yang kering saat musing kemarau. Pelembab ruangan (humidifier) juga bisa memiliki efek negatif ketika tidak dikelola dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com