Kompas.com - 05/02/2015, 18:47 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Riset terbaru Wealth-X dan Sotheby Internasional Realty mengenai sikap dan perilaku investasi orang-orang ultrakaya dunia (ultra high net worth individuals atau UNHW), menunjukkan mereka memiliki aset properti senilai 3 triliun dollar AS.

Menurut Wealth-X dan Sotheby, terdapat 79 persen dari total 211.275 UNHW dengan kekayaan mencapai lebih dari 30 juta dollar AS, memiliki aset properti. Aset properti tersebut terutama rumah tinggal.

Properti mereka tersebar di perumahan-perumahan mewah yang ada di kota-kota utama dunia yakni New York, London, dan Hongkong. Selain itu, mereka juga kini sedang menggandrungi lokasi khusus dan eksklusif macam Lugano, dan Hamptons.

Fenomena ini terjadi karena terdapat pergeseran yang sedang berlangsung dalam siklus penciptaan dan perolehan kekayaan dari Barat ke Timur. Riset tersebut juga melaporkan aset properti menjadi salah satu investasi utama yang dipilih, selain aset bergerak lainnya.

"Pentingnya pertumbuhan transfer kekayaan antargenerasi akan berdampak secara signifikan terhadap pasar properti mewah dengan penekanan pada perkembangan baru dan perumahan dalam peringkat investasi (investment grade) kota, dan negara bersangkutan," tulis Wealth-X dan Sotheby.

Terdapat empat fakta penting dalam penelitian dua lembaga ternama ini. Pertama, adalah nilai aset properti yang dimiliki kalangan ultratajir tersebut mengalami lonjakan 8 persen secara global pada tahun 2014. Mereka memiliki properti mewah sebanyak dua unit dan sebagian besar lagi lebih dari dua unit.

Fakta kedua, lebih dari 7 persen dari populasi UNHW dunia menginvestasikan uang mereka melalui properti. Jumlah pencapaian pada 2014 ini, lebih tinggi ketimbang 2013 yang hanya sebanyak 5 persen.

Fakta ketiga adalah yang paling menarik. Perempuan ultrakaya justru mendominasi kepemilikan aset properti ketimbang rekan prianya. Jumlah mereka sebanyak 16 persen berbanding 10 persen.

Fakta terakhir, UNHW dengan kekayaan bersih antara 30 juta dollar AS hingga 50 juta dollar AS biasanya tetap tinggal di rumah utama mereka selama lebih dari 15 tahun dan tinggal di rumah sekunder lebih dari 10 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.