Kompas.com - 05/02/2015, 13:40 WIB
|
EditorHilda B Alexander
BANDUNG, KOMPAS.com - Antusiasme warga terhadap terobosan taman tematik membuat Pemerintah Kota Bandung terus berinovasi. Tahun 2015 ini, Pemerintah Kota Bandung berencana membangun dua taman lagi. Hal ini dilakukan tak lain untuk menambah tingkat kebahagiaan (index of happiness) warganya.

Kedua taman yang akan dibangun tersebut, yaitu Taman Caang Baranang dan Taman Belajar (Study Park). Kepala Seksi Penataan dan Pembangunan Taman Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung, Rikke Siti Fatimah, mengatakan kedua taman tersebut merupakan revitalisasi dari Taman Alun-alun Ujung Berung, Kebun Bibit Cibeunying, dan Taman Tegalega.

Taman Caang Baranang direncanakan sebagai taman yang dihiasi lampu warna-warni. Mengikuti nama tamannya yang berarti terang benderang. Rikke menjelaskan, Taman Caang Baranang dibuat mengikuti topografi Bandung yang cekung.

"Jadi pada saat malam hari, akan terlihat lampu-lampu yang beragam. Itu sebagai identitas bahwa Bandung memiliki Taman Caang Baranang," ujar Rikke saat ditemui Kompas.com, Rabu (04/02/2015).

Rikke melanjutkan, Taman Caang Baranang juga akan menjadi wadah bagi komunitas budaya silat Benjang. Di sana mereka bisa menunjukkan atraksi Benjang tanpa perlu kesulitan mencari lokasi yang tepat.

"Di sana kan ada kebudayaan Benjang, selama ini di Ujung Berung tuh mereka bingung melakukan atraksi. Kami mencoba sediakan wadah untuk mereka," tandas Rikke.

Selain Taman Caang Baranang, Pemerintah Kota Bandung juga membangun Study Park. Menurut Rikke, fungsi taman ini nantinya sebagai perpustakaan.

"Kita mau taman nanti punya fungsi edukasi juga. Makanya kita sediakan buku-buku yang bisa dibaca di tempat," tutur Rikke.

Rencananya ada tiga lokasi yang akan dibangun sebagai Study Park. Hanya saja, Dinas Pertamanan baru menemukan dua lokasi, yaitu di Kebun Bibit Cibeunying dan Taman Tegalega.

"Satu lagi kita masih mencari di mana lokasi yang tepat agar nantinya dapat bermanfaat buat warga," tambah Rikke.

Untuk Taman Piknik, Rikke menjelaskan pihaknya masih berusaha mempercantik taman yang baru-baru ini diresmikan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.