Hingga 2018, Bali Tambah 2.601 Kamar Hotel Mewah

Kompas.com - 25/01/2015, 20:29 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorHilda B Alexander
DENPASAR, KOMPAS.com - Bali semakin meneguhkan posisinya sebagai salah satu destinasi wisata dunia. Beberapa brand mewah internasional bakal membuka portofolionya di Pulau Dewata. Di antaranya Rosewood Tanah Lot, dan Movenpick Jimbaran.

Menurut riset JLL Indonesia, dari sejumlah total 15.300 kamar hotel baru yang masuk pasar Bali dalam tiga tahun ke depan, 17 persen di antaranya merupakan hotel dengan klasifikasi mewah. Ini artinya ada 2.601 kamar hotel mewah baru.

Sementara komposisi terbesar masih didominasi hotel kelas menengah yakni sebesar 41 persen, kelas ekonomi 21 persen dan kelas atas 16 persen.

Bertambahnya hotel kelas mewah di Bali didorong oleh kenaikan tingkat hunian. Per November 2014, tingkat hunian hotel kelas mewah tumbuh sebesar lima persen dari tahun 2013, atau paling tinggi dibanding kelas hotel lainnya.

Sementara tarif rerata harian (average daily rate)menurun 10 persen, menjadi sebesar 445,45 dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 5,5 juta per malam. Hal ini disebabkan bertambahnya sejumlah kamar hotel baru yang masuk pasar pada tahun 2014.

Menariknya bisnis perhotelan mewah di Bali, menurut JLL, karena kunjungan internasional terus meningkat. Tahun lalu tercatat tumbuh 15 persen lebih tinggi dibanding tahun 2013 menjadi 3,9 juta. Demikian halnya dengan kunjungan domestik yang mencapai melonjak 12 persen menjadi 4,56 juta.

Turis Australia masih menempati posisi utama kontributor kunjungan internasional ke Bali dengan komposisi 22,5 persen. Diikuti pelancong Tiongkok 12 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebijakan bebas visa bagi turis beberapa negara macam Australia, Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, dan rusia pada 2015 ini diyakini semakin menambah kunjungan internasional. Menyusul pertumbuhan kunjungan asal negara ASEAN, Hongkong, Macau, Chili, Ekuador, Peru, dan Maroko.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X