Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian ATR Tandatangani Kerjasama Sertifikasi Perencana dengan IAP

Kompas.com - 16/01/2015, 08:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerjasama antara Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) dengan Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP) dalam sertifikasi perencana kegiatan perencanaan resmi dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman di Jakarta, pada Kamis (15/1/2015).

Kerjasama Kementerian ATR dan IAP ini sebagai langkah awal peningkatan kompetensi, kualitas produk perencanaan sekaligus pembinaan profesi perencana di Indonesia.

"Kerjasama dibuat untuk memperkuat lini depan perencanaan tata ruang nasional," ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Ferry Mursyidan Baldan.

Menurut Ketua Umum Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP), Bernardus Djonoputro, proses sertifikasi ini akan menjamin kualitas kompetensi profesi perencana di Indonesia. Ke depan para perencana Indonesia akan semakin kompetitif dalam menghadapi pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN.
 
IAP melalui Badan Sertifikasinya akan mempersiapkan Lembaga Serfifikasi Profesi di bawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan konvensi keahlian perencaan kota dan tata ruang.

Selain itu, juga akan dibuat patokan dasar kualitas kenyamanan hidup perkotaan melalui program IAP Most Livable City Index, yaitu indeks persepsi masyarakat tentang pelaksanaan perencanaan dalam menciptakan kota yang lebih nyaman.

Pentingnya sertifikasi ini, lanjut dia, karena tantangan pembangunan ke depan diarahkan pada penyelarasan ketersedian lahan dengan target pembangunan. Ada lebih dari 5.000 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan peraturan zonasi di semua kota dan kabupaten yang harus diselesaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com