Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bappenas: Pengembang Bangun Rumah Saja, Jangan Urus Kawasan!

Kompas.com - 14/01/2015, 14:46 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - "Pengembang bangun rumah saja. Orientasi harus pada produk rumah berkualitas, bukan pada kawasan. Kawasan biar diurus pemerintah".

Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Andrinof Chaniago mengaskan hal tersebut saat hari ulang tahun The Housing and Urban Development Institute, di Hotel Ambhara, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Andrinof menyoroti praktik bisnis pengembang yang hanya berorientasi pada penguasaan lahan besar untuk dibangun sebuah kawasan. Pengembang sebagai pelaku pembangunan perumahan, menurut Andrinof, sebaiknya fokus pada kualitas produk.

"Dalam tujuan membangun perumahan, harus fokus pada produk rumah tersebut, bukan pada bisnis lahan. Selama ini pengembang hanya fokus pada satu pembangunan kawasan yang dianggap memiliki nilai ekonomi tinggi," ujarnya.

Karena fokus pada pembangunan kawasan, misalnya pusat-pusat perbelanjaan, itulah pengembang kurang memperhatikan kualitas rumah itu sendiri. Dia pun berharap pengembang untuk memperhatikan konstruksi perumahan yang bagus dan berkualitas.

Andrinof menambahkan, jika bisnis terkonsentrasi pada tanah, maka akan menimbulkan konflik. Pemerintah sendiri saat ini masih fokus pada penyelesaian kebutuhan rumah rakyat. Dalam skemanya, Bappenas mengharapkan pengembang sebagai pelaku pembangunan perumahan, tidak hanya mengoleksi tanah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com