Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Punya Pilihan Dekorasi Taman?

Kompas.com - 05/01/2015, 16:20 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber IDEA
KOMPAS.com - Selama ini, taman identik dengan pohon, bunga, dan tanaman lainnya. Meski begitu, taman tidak harus diisi penuh oleh tanaman.

Banyak hal bisa Anda lakukan untuk menambah daya tarik taman rumah supaya tidak terlihat monoton lantaran hanya diisi dengan tumbuh-tumbuhan. Simak berikut ini:

Gazebo

Anda dapat menyediakan ruang duduk di taman tersebut. Dengan memberikan ruang duduk di taman, Anda dan keluarga akan mendapat suasana berbeda. Suasana alami di taman yang letaknya di ruangan terbuka akan membawa suasana menjadi santai dan nyaman.

Kursi bisa terbuat dari kayu atau besi. Material kayu yang alami dapat menyatu dengan taman. Meski begitu, Anda juga bisa menggabungkan keduanya.

Furnitur juga lebih baik disesuaikan dengan ukuran taman. Jika taman tidak terlalu besar, Anda dapat menggunakan furnitur yang sederhana. Terlebih, taman akan menjadi terkesan sesak jika furnitur yang digunakan terlalu “ramai.”

Teras terpisah

Teras ini seperti gazebo. Bedanya, tidak ada kursi untuk duduk, melainkan hanya lantai. Di sekeliling teras, Anda bisa membangun tempat duduk sendiri dari campuran batu-batu dan semen. Untuk penerangan, pasang lampu dengan pijar berwarna kekuningan.

Kolam

Lengkapi taman Anda dengan kolam dan ikan-ikan berwarna cerah. Selain memberikan nuansa teduh, kolam juga mencerminkan rumah Anda terasa hidup.

Saat ini, sudah banyak beredar berbagai jenis kolam. Dekorasi kolam juga beragam, mulai dari air terjun atau waterwall hingga hiasan dengan patung.

Air terjun buatan, bisa terbuat dari semen maupun dari batu alam. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Air terjun buatan dari semen, melibatkan berbagai warna cat, sehingga tidak mudah terlihat membosankan. Jika Anda sudah mulai bosan, cat air terjun buatan ini bisa diganti kapan saja.

Sementara itu, batu alam memberikan kesan unik ketika air mengalir di atasnya. Penggunaan batu alam untuk air terjun buatan juga lebih murah dibanding dengan semen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com