Musim Hujan, Saat yang Tepat Membangun Taman

Kompas.com - 04/01/2015, 07:13 WIB
Château de Wideville, Paris. instagram @krisjennerChâteau de Wideville, Paris.
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa minggu terakhir, hujan deras melanda daerah Jakarta dan sekitarnya. Data dari weather.com menunjukkan, dalam satu minggu ke depan, Jakarta masih akan diguyur hujan secara berkala.

Musim hujan ini, bisa dimanfaatkan untuk membuat taman. Ahli kreasi taman, Abdul Ghoffur mengatakan, ia lebih senang mengerjakan taman di kala musim hujan.

"Membuat taman bagusnya itu saat musim hujan, karena tanaman yang baru ditanam butuh penyiraman teratur," ujar Abdul kepada Kompas.com, Sabtu (3/1/2015).

Selama ini, ia memberi garansi kepada konsumennya selama sebulan. Jika tanaman di taman tersebut mati sebelum sebulan, ia harus mengganti tanaman tersebut.

Abdul bercerita, hal ini sempat merugikannya ketika membangun taman di kala musim kemarau, karena tanaman baru sulit berkembang dengan baik.

"Saya pernah meninggalkan taman baru tanpa pengawasan saat bulan puasa. Sebulan setelah kembali, tanaman pada mati," kata Abdul.

Oleh sebab itu, tambah Abdul, upaya untuk menjaga taman yang baru dibuat saat musim kemarau, lebih berat dibandingkan saat musim hujan. Saat musim kemarau, biasanya ia rutin mengunjungi taman yang baru dibuatnya. Hampir setiap hari saat musim kemarau, ia rutin mengecek taman kreasinya.

Meski begitu, bukan berarti membuat taman saat musim hujan tidak memiliki tantangan.

"Kalau musim hujan, yang sulit itu tanahnya. Karena biasanya saya bawa tanah sendiri, supaya lebih terjamin teksturnya," ucap Abdul.

Ia menjelaskan, dalam membuat taman, Abdul biasa meminta rekannya di daerah Gunung Sindur, Bogor untuk mengirimkan tanah. Tanah dari daerah ini, memiliki tekstur ideal untuk ditanami tanaman.

Lama pembuatan taman bisa bervariasi tergantung pada jenis dan luas taman. Untuk luas taman 70-100 meter persegi, pengerjaannya menghabiskan waktu tiga sampai empat hari.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X