Kompas.com - 23/12/2014, 10:03 WIB
Sunset pada awal musim gugur di Paris, Perancis. KOMPAS/PUTU FAJAR ARCANASunset pada awal musim gugur di Paris, Perancis.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Pasar properti Eropa diprediksi bakal kebanjiran investasi asing tahun 2015 dan beberapa tahun ke depan.

Terlebih, Eropa aktual merupakan "trofi" bergilir yang sangat atraktif menarik minat investor mancanegara untuk silih berganti membenamkan dananya. Sebut saja investor asal Asia, terutama Tiongkok, Singapura, dan Korea.

Baru-baru ini, pengembang Gecina yang juga pemilik pusat perbelanjaan Beaugrenelle, menjual kepemilikan kepada investor asing. "Kami telah menjual aset secara bersih tahun ini senilai 700 juta Euro (Rp 10,6 triliun)," kata CEO Gecina, Philippe Depoux, saat berbicara dalam forum yang digelar Asosiasi Real Estat Eropa dan Asosiasi Real Estate Hongkong, pekan lalu.

Gecina juga diketahui sebagai pemilik gedung-gedung komersial perkantoran terbesar di Paris dengan nilai portofolio sejumlah 10 miliar Euro atau setara dengan Rp 152,1 triliun.

Selain penjualan aset milik Gecina, Paris akan menerima lebih dari 20 miliar Euro (Rp 304,2 triliun) investasi asing. Jumlah tersebut merupakan terbesar kedua di Eropa setelah London, Inggris, yang dianggap "sangat molek" untuk dipersunting investor mancanegara.

"Kenapa popularitas Eropa menanjak? Karena risiko bisnis properti tidak pernah begitu tinggi, hampir 300 basis poin setara 10 tahun obligasi pemerintah dan premi minimum untuk aset," tambah Depoux.

Eropa, lanjut dia, memiliki daya saing tinggi di kancah bisnis properti global. Menurut Depoux, sekarang merupakan waktu yang tepat untuk menjual.

Dia mengatakan Gecina saat ini masih memiliki aset senilai Rp 16,7 triliun yang akan mereka jual, termasuk fasilitas kesehatan, dan hunian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.