Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Pindah Rumah

Kompas.com - 12/12/2014, 12:56 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Rumah baru seringkali terasa menyenangkan. Anda bisa mendekorasi dan mengatur sendiri barang-barang pribadi.

Tapi, sebelum mulai memindahkan dan mengatur furnitur, perhatikan terlebih dahulu tugas-tugas pemeliharan untuk memastikan rumah Anda aman dan bekerja sebagaimana mestinya.

1. Ganti kunci

"Anda tidak menyadari berapa orang yang memiliki salinan kunci Anda," kata Agnes Bowman, seorang broker di New Jersey. Ketika sebuah rumah dijual, banyak orang memiliki akses ke sana, misalnya agen penjual dan petugas pemeliharaan. Terlebih lagi, Anda tidak bisa memastikan pemilik rumah lama tidak memiliki kunci lain.

Jika rumah Anda memiliki sistem alarm, jangan lupa untuk menggantinya. Jangan lupa juga mengganti kunci pintu garasi.

2. Cek kemungkinan kerusakan

Seharusnya, sebelum Anda menempati rumah baru, pemilik rumah atau agen penjual sudah mencatat setiap detail rumah. Meski begitu, jika memang ada kerusakan yang perlu diperbaiki lebih baik dilakukan sebelum memindahkan barang-barang Anda.

3. Cari katup air

Temukan katup utama saluran air dan periksa apakah Anda memerlukan alat khusus, seperti kunci atau tang untuk mengoperasikannya. "Jika Anda tiba-tiba mengalami kebocoran pipa dan ada air yang mengalir ke rumah, Anda bisa secara cepat menutup katup tersebut untuk mematikan aliran air," kata Direktur Eksekutif The National Association of Home Inspector, Claude McGavic.

Anda juga perlu ingat bahwa katup air tidak selalu sama di setiap rumah. Menurut McGavic, terkadang sulit menemukannya. Lihat di dalam rumah, di loteng, di belakang rumah, dan di sekitar pagar. Jika tetap tidak bisa menemukannya, panggil tukang ledeng untuk membantu Anda.

4. Temukan pusat listrik

"Jika terjadi kebakaran, yang pertama Anda harus lakukan adalah mematikan seluruh aliran listrik di dalam rumah untuk mencegah ledakan," kata McGavic. Untuk mematikannya, Anda membutuhkan bantuan orang yang bisa memastikan bahwa listrik benar-benar mati.

5. Ganti baterai pendeteksi asap

Jika di rumah baru Anda sudah ada alat ini, pastikan masih bekerja maksimal. Terkadang, pendeteksi ini tidak dicek saat inspeksi sebelum rumah ditempati kembali.

6. Bersihkan karpet

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com