Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidup di Tempat Tinggi Mampu Hilangkan Segala Godaan?

Kompas.com - 11/11/2014, 15:51 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis


KOMPAS.com - Rumah yang berada di Pilar Katskhi, Georgia, ini dimiliki oleh seorang biksu bernama Maxime Qavtaradze. Pada awal kehidupannya di pilar tersebut, Qavtaradze sangat mengalami kesulitan.

"Selama dua tahun pertama tidak ada apa-apa di sini, jadi aku tidur di kulkas tua untuk melindungiku dari dinginnya cuaca," kata biksu berusia 59 tahun itu.

Hingga pada akhirnya, lanjut Qavtaradze, datang sekelompok umat Kristiani untuk merenovasi sebuah kapel terlantar di Pilar Katshki. Mereka juga membangun sebuah pondok untuk sang biksu.

Qavtaradze adalah seorang biksu yang menghabiskan hidupnya sesuai ajaran Stylites, yaitu sebuah perintah agama Bizantium. Dalam ajarannya, Qavtaradze yakin, bahwa hidup di tempat tinggi akan mampu menghilangkan segala macam godaan dan memungkinkan untuk banyak berdoa.

"Di atas sini, di kesunyian ini Anda akan bisa merasakan kehadiran Tuhan," kata Maxime kepada Telegraph.

Untuk mencapai rumahnya, Qavtaradze harus memanjat selama dua puluh menit melalui 131 atau 39 meter lebih anak tangga yang melekat pada pilar. Biasanya hal itu dilakukannya selama dua kali seminggu untuk berdoa di sebuah biara kecil di kaki pilar. Susah juga, ya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com