Kompas.com - 08/11/2014, 08:30 WIB
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Berkembangnya koridor timur Jakarta sebagai kawasan potensial bisnis properti tak lepas dari isu pembangunan infrastruktur di berbagai wilayahnya. Salah satunya Pelabuhan Cilamaya yang menjadi pemantik pertumbuhan di kawasan itu.

Realisasi pembangunan Pelabuhan Cilamaya dinilai akan membuat koridor timur Jakarta semakin menjadi primadona. Hal ini tersebut dikemukakan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, Kamis (6/11/2014).

"Peran Pelabuhan Cilamaya nanti pasti sangat besar bagi kawasan koridor timur Jakarta," kata Ali, pada Media Brief di Jakarta, Kamis (6/11/2014).

Menurut dia, Pelabuhan Cilamaya nantinya akan mampu menggeser Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan internasional.

"Pastinya pelabuhan ini akan mengalahkan Tanjung Priok. Nantinya, Tanjung Priok hanya menjadi pendukung saja dan kegiatan utamanya akan berlangsung di Cilamaya," papar Ali.

Tak hanya pelabuhan. Pemerintah juga rencananya akan membangun sebuah bandara internasional untuk mempermudah akses ke koridor timur Jakarta. Bandara tersebut ditargetkan mampu menampung 100 juta orang.

"Bandara dan pelabuhan ini sudah pasti dibangun, terlebih bandara sudah bekerjasama dengan Jepang. Apalagi, kapasitas Cengkareng (Soekarno-Hatta) sudah tidak memadai," kata Ali

Namun, lanjut Ali, bandara dan pelabuhan tersebut akan berfungsi dengan baik, apabila pemerintah bisa mendapatkan lokasi sesuai dan memenuhi aturan tata kota pemda. Rencananya, pelabuhan dan bandara ini sama-sama akan dibangun di wilayah Karawang, Jawa Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.