Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Cilamaya Bakal Mengalahkan Tanjung Priok

Kompas.com - 08/11/2014, 08:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkembangnya koridor timur Jakarta sebagai kawasan potensial bisnis properti tak lepas dari isu pembangunan infrastruktur di berbagai wilayahnya. Salah satunya Pelabuhan Cilamaya yang menjadi pemantik pertumbuhan di kawasan itu.

Realisasi pembangunan Pelabuhan Cilamaya dinilai akan membuat koridor timur Jakarta semakin menjadi primadona. Hal ini tersebut dikemukakan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, Kamis (6/11/2014).

"Peran Pelabuhan Cilamaya nanti pasti sangat besar bagi kawasan koridor timur Jakarta," kata Ali, pada Media Brief di Jakarta, Kamis (6/11/2014).

Menurut dia, Pelabuhan Cilamaya nantinya akan mampu menggeser Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan internasional.

"Pastinya pelabuhan ini akan mengalahkan Tanjung Priok. Nantinya, Tanjung Priok hanya menjadi pendukung saja dan kegiatan utamanya akan berlangsung di Cilamaya," papar Ali.

Tak hanya pelabuhan. Pemerintah juga rencananya akan membangun sebuah bandara internasional untuk mempermudah akses ke koridor timur Jakarta. Bandara tersebut ditargetkan mampu menampung 100 juta orang.

"Bandara dan pelabuhan ini sudah pasti dibangun, terlebih bandara sudah bekerjasama dengan Jepang. Apalagi, kapasitas Cengkareng (Soekarno-Hatta) sudah tidak memadai," kata Ali

Namun, lanjut Ali, bandara dan pelabuhan tersebut akan berfungsi dengan baik, apabila pemerintah bisa mendapatkan lokasi sesuai dan memenuhi aturan tata kota pemda. Rencananya, pelabuhan dan bandara ini sama-sama akan dibangun di wilayah Karawang, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com